Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mengintip peluang Vietnam dan Thailand untuk lolos ke Piala Dunia 2026 andai kedua rival Timnas Indonesia ini dilatih oleh Shin Tae-yong.

Belakangan nama Shin Tae-yong menjadi perbincangan menyusul pernyataannya yang akan mundur dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan ini menyatakan akan mundur jika pendukung sepak bola Indonesia terus meminta Ketua Umum PSSI saat ini, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, mundur.

Baca Juga:
Kebobolan Lebih Dulu, PSIS Semarang Kalahkan Juniornya 3-2

Iwan Bule sendiri dituntut mundur karena dianggap lepas dari tanggung jawab akan terjadinya tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan korban jiwa.

Karena desakan agar Iwan Bule mundur kian menguat, Shin Tae-yong pun buka suara melalui media sosial Instagram bahwa dirinya juga akan ikut mundur.

Tak pelak pernyataan Shin Tae-yong ini membuat sebagian pendukung Timnas Indonesia juga menggemakan tagar ‘STY Out’ yang jadi bentuk kekecewaannya kepada pelatih berusia 52 tahun itu.

Baca Juga:
Pelatih Klub yang Dibela Saddil Ramdani Sebut Kualitas Pemain Muda Malaysia Setara dengan Jepang

Jika Shin Tae-yong benar-benar mundur, diyakini banyak tim Asia Tenggara mengantre untuk mendapatkan jasanya.

Sebagai contoh adalah Vietnam yang saat ini belum menemui titik terang mengenai masa depan Park Hang-seo. Selain itu ada pula Thailand yang bisa saja menggeser Alexandre Polking demi Shin Tae-yong.

Jika Shin Tae-yong berlabuh ke dua rival Timnas Indonesia itu, bagaimana peluang Vietnam dan Thailand untuk lolos ke Piala Dunia 2026?

Baca Juga:
Liga 1 2022/2023 Dilanjutkan Akhir November?

Peluang Vietnam dan Thailand Lolos ke Piala Dunia 2026

Peluang Vietnam dan Thailand lolos ke Piala Dunia 2026 andai dilatih Shin Tae-yong pun terbuka cukup lebar, mengingat adanya format baru untuk kompetisi tersebut.

Sebagai informasi, Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko itu mengubah format dari 32 peserta menjadi 48 peserta.

Baca Juga:
Media Malaysia Sindir PSSI: Tak Unggah Video Kekalahan Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Format ini membuat jatah tim yang lolos dari Asia pun bertambah, dari sebelumnya empat negara menjadi delapan negara.

Mengingat saat ini Vietnam dan Thailand merupakan tim terkuat di Asia Tenggara, maka peluang keduanya lolos pun terbuka lebar.

Apalagi jika dilatih Shin Tae-yong yang sarat pengalaman dalam kompetisi bersifat turnamen. Hal ini telah dibuktikannya selama melatih.

Selain pernah menjuarai Liga Champions Asia di level klub, Shin Tae-yong juga pernah menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

CV mentereng ini unggul atas Park Hang-seo yang hanya jadi asisten Korea Selatan di Piala Dunia 2002 dan Alexandre Polking yang tak punya pengalaman di level tim nasional selain Thailand.

Apalagi baik Vietnam dan Thailand punya pemain dengan kualitas mumpuni yang berkiprah di level tertinggi, dengan Chanathip Songkrasin di J1 League dan Nguyen Quang Hai dari Vietnam di Ligue 2 Prancis.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More