Selasa, 07 Februari 2023
Rauhanda Riyantama : Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Berikut deretan klub top Eropa yang akan segera bergabung Manchester United di Liga Europa, seiring buruknya kiprah klub-klub tersebut di kancah Liga Champions.

Saat ini, babak grup Liga Champions 2022/2023 tengah memasuki fase=fase akhir usai menjalani laga keempat di babak tersebut.

Dari empat laga yang telah dimainkan itu, beberapa tim telah memastikan tiket kelolosan ke babak 16 besar Liga Champions.

Umumnya, tim-tim yang telah memastikan lolos ke babak 16 besar ini merupakan tim-tim besar. Sebagian ada pula tim-tim kuda hitam.

Total ada lima tim yang telah memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions, yakni Bayern Munich, Manchester City, Real Madrid, Napoli, dan Club Brugge.

Kelolosan lima tim ini ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 nyatanya tak mampu diikuti oleh tim-tim besar yang ada di babak grup tersebut.

Malahan, tim-tim besar atau tim-tim top ini terseok-seok sehingga berpotensi turun kasta dari Liga Champions ke Liga Europa 2022/2023.

Siapa sajakah tim top dari Liga Champions yang akan menyusul Manchester United dengan turun kasta ke Liga Europa 2022/23? Berikut daftarnya.

1. Barcelona

Penyerang Barcelona asal Polandia, Robert Lewandowski beraksi selama matchday ketiga Grup C Liga Champions antara Inter Milan vs Barcelona pada 4 Oktober 2022 di stadion Giuseppe-Meazza (San Siro). [AFP]

Barcelona merupakan salah satu tim yang berpotensi turun kasta ke Liga Europa usai terseok-seok di kancah Liga Champions 2022/23.

Hingga laga keempat dimainkan, Barcelona baru mengumpulkan empat poin, tertinggal tiga poin dari Inter Milan di tempat kedua dan tertinggal delapan poin dari Bayern Munich yang telah lolos.

Dengan dua laga tersisa melawan Bayern Munich dan Viktoria Plzen, satu tiket kelolosan berpotensi besar tak dapat diraih Barcelona, karena Inter Milan unggul tiga poin.

2. Juventus

Adrien Rabiot borong dua gol saat Juventus kalahkan Maccabi Haifa 3-1. (AFP)

Juventus juga terancam gagal ke babak 16 besar dan turun kasta ke Liga Europa. Sama seperti Barcelona, Si Nyonya Tua juga duduk di peringkat ketiga babak grup.

Saat ini Juventus baru mengemas tiga poin saja dan tertinggal lima poin dari PSG serta Benfica yang duduk di peringkat pertama dan kedua.

Mengingat PSG dan Benfica hanya butuh satu poin saja, peluang Juventus lolos pun terbilang kecil sehingga bisa turun kasta ke Liga Europa.

3. AC Milan

Aksi Rade Krunic saat AC Milan dihajar Chelsea 0-3 di Liga Champions 2022/2023. (AFP)

Jawara Serie A 2021/2022, AC Milan, juga harus terseok-seok di babak grup Liga Champions musim ini, usai duduk di peringkat ketiga dengan raihan empat poin.

AC Milan saat ini tertinggal tiga poin dari Chelsea dan dua poin dari RB Salzburg. Sejatinya, peluang Rossoneri untuk lolos belum tertutup sepenuhnya.

Namun, AC Milan harus meraih kemenangan di dua pertandingan tersisa melawan Dinamo Zagreb dan RB Salzburg agar tak turun kasta ke Liga Europa.

4. Atletico Madrid

Pemain Atletico Madrid merayakan gol kemenangan atas Espanyol yang dicetak Yannick Carrasco. (AFP)

Atletico Madrid juga menjadi salah satu tim langganan babak gugur Liga Champions yang saat ini sedang terseok-seok.

Tim berjuluk Los Rojiblancos ini saat ini duduk di peringkat ketiga grup B dengan raihan empat poin, tertinggal enam poin dari Club Brugge dan dua poin dari FC Porto.

Dengan dua pertandingan tersisa, Atletico pun harus mencoba meraih kemenangan agar tak tampil di Liga Europa seperti dulu.

5. Sevilla

Erling Haaland borong dua gol saat Manchester City kalahkan Sevilla 4-0 di fase grup Liga Champions 2022/2023. (AFP)

Peluang Sevilla untuk bertahan di Liga Champions pun hampir tertutup rapat. Besar kemungkinan, Los Palanganas akan turun kasta ke habitatnya di Liga Europa musim ini.

Sevilla yang tergabung di G, baru mengumpulkan dua poin dari empat pertandingan, tertinggal delapan poin dari Manchester City dan lima poin dari Borussia Dortmund.

Dengan kata lain, peluang Sevilla untuk melaju ke 16 besar hampir tertutup rapat. Bahkan, Los Palanganas pun harus menerima jika nantinya turun kasta ke Liga Europa.

Kontributor: Felix Indrajaya

BACA SELANJUTNYA

Klasemen Terbaru Liga Inggris: Manchester United Naik ke Peringkat 3 usai Tundukkan Crystal Palace