Rauhanda Riyantama
Pemain asal Indonesia, Abdurrahman Iwan yang membela Qatar U-17 dan sukses tembus Piala Asia U-17 2023. (Facebook/Abdurrajman Iwan)

Bolatimes.com - Pemain asli Indonesia bernama Abdurrahman Iwan tengah jadi perbincangan usai sukses membawa Timnas Qatar U-16 lolos ke Piala Asia U-17 2023. Berikut profil pesepak bola asal Banten tersebut.

Qatar tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bersama lawan-lawan berat, yakni Oman, Irak, Bahrain, dan Lebanon. Kendati begitu, mereka tampil apik.

Tercatat Qatar tidak mengalami kekalahan dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 kali ini. Al Annabi menang tiga kali melawan Irak, Lebanon, dan Oman serta imbang menghadapi Bahrain.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-19 TC di Eropa, Pemain Andalan Shin Tae-yong Masih Haus Ilmu dan Pengalaman

Hasil tersebut membuat Qatar finis sebagai pemuncak grup walau bersaing di grup berat. Artinya mereka otomatis lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Ternyata di balik keberhasilan Qatar ini ada pemain asal Indonesia yang ikut andil. Adalah Abdurrahman Iwan yang ikut membela Al Annabi.

Melansir dari unggahan di akun Instagram pribadinya, Abdurrahman Iwan membagikan momen bersama Qatar saat Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Baca Juga:
Cetak 7 Gol di Kualifikasi, Arkhan Kaka Resmi Tak Dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas Indonesia U-19

"Lolos ke babak putaran final Piala Asia U-17 2022," tulisnya.

Sementara itu, Abdurrahman Iwan bukanlah pemain keturunan. Sebab, dia benar-benar pemain yang berasal dari Indonesia dan lahir dari pasangan WNI.

Profil Abdurrahman Iwan

Baca Juga:
Ingat Allah, Ketum PSSI Izin Salat di Sela Pertemuan dengan Tim TGIPF terkait Insiden Kanjuruhan

Kedua orang tua Abdurrahman Iwan ialah Iwan Kuswanto dan Tarini yang berasal dari Kramatwatu, Serang, Banten. Saat ini, kedua orang tua Iwan memang tinggal di Qatar karena bekerja di salah satu perusahaan di sana.

Sejak usia muda, Iwan memang sudah memperlihatkan bakat dan minatnya di dunia sepak bola. Itulah sebabnya, dia sudah bergabung dengan akademi sepak bola milik AL Wakrah SC ketika berusia lima tahun.

Setelah itu, dia berhasil lolos seleksi Aspire Academy pada 2011.Ini adalah sekolah olahraga bergengsi dengan skala internasional milik pemerintah Qatar yang dikhususkan untuk anak-anak yang berbakat di bidangnya.

Baca Juga:
Profil Enock Mwepu, Pemain Brighton yang Pensiun Dini akibat Penyakit Jantung

Ketika masih berusia muda, Iwan sudah beberapa kali meraih prestasi, mulai dari Top Scorer Qatar Star League Junior bersama Al Wakrah SC secara berturut-turut dalam dua musim.

Pada musim 2014/2015, Iwan sukses menyumbangkan total 42 gol, lalu pada musim berikutnya, yakni 2015/2016, dia berhasil mengumpulkan 37 gol dan 10 assist.

Tak hanya itu, bersama Aspire Academy, dia juga pernah membawa timnya dua kali meraih gelar juara berturut-turut pada pertandingan internasional Eropa.

Pada gelaran yang bertajuk International Triseries Tournament itu, pada laga pertama dan kedua Iwan sama-sama mencetak satu assist dan satu gol pada masing-masing pertandingan.

Tak hanya itu, Abdurrahman Iwan juga pernah membantu klubnya, Aspire Academy, meraih gelar runner-up pada ajang Piala Dunia antarklub dunia elite yang diikuti oleh 200 akademi elite.

Pada 11 Maret 2017, Abdurrahman Iwan juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik versi La Liga Spanyol. Penghargaan ini diberikan langsung oleh mantan pemain Real Madrid, Fernando Sans Duran.

Bahkan, media ternama Spanyol, El Mundo, juga pernah mengangkat sosok Abdurrahman Iwan sebagai talenta muda berbakat yang luar biasa.

Load More