Rauhanda Riyantama
Ricardinho saat bermain di Pendekat United. (Instagram/pendekarunited)

Bolatimes.com - Pemain-pemain futsal terbaik di dunia akan dibahas di artikel kali ini. Bahkan, satu di antara daftar yang ada di sini sedang bermain di Indonesia.

Meski tak sepopuler sepak bola, futsal telah berkembang pesat menjadi salah satu olahraga yang digemari di dunia, termasuk Indonesia.

Olahraga yang semakin populer ini dibuktikan dengan munculnya pemain-pemain kelas dunia. Siapa saja di antaranya? Berikut ulasannya!

Baca Juga:
Singkirkan Timnas Indonesia U-16 ke Piala Asia U-17 2023, Laos Punya Kemajuan Pesat di Kelompok Umur

1. Sergio Lozano

Sergio Lozano saat bermain di Barcelona. (Twitter)

Sosok bernama lengkap Sergio Lozano Martinez ini lahir di Madrid, Spanyol. Dia merupakan pemain futsal andalan Barcelona.

Dia sudah bergabung dengan Barcelona sejak 2011 dengan meraih 6 gelar Copa del Rey, 5 Liga Futsal Spanyol, 5 Copa de Espana, dan 4 gelar juara UEFA Futsal Cup.

Baca Juga:
Terlalu Senang Hajar Indonesia, Pelatih Malaysia U-16 Selebrasi Lari-lari Sampai Terpeleset

Di level timnas, Lozano meraih 1 trofi Euro Futsal bersama Spanyol. Dia memang belum pernah mendapat gelar pemain futsal terbaik di dunia, tapi capaiannya sudah membuatnya menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

2. Manoel Tobias

Manoel Tobias, legenda futsal Brasil. (Twitter)

Selain dikenal sebagai tempat lahirnya pemain-pemain sepak bola hebat, Brasil juga kerap menyumbang pemain futsal hebat seperti Manoel Tobias.

Baca Juga:
Profil Arthur Oliveira, Pemain Naturalisasi asal Brasil yang Bawa Jepang Juara Piala Asia Futsal 2022

Tobias tercatat meraih gelar Pemain Terbaik Dunia tiga kali beruntun dari 2000-2022. Dia juga adalah Pemain Terbaik di Piala Dunia Futsal 1996 dan 2000.

3. Kike

Kike saat membela Timnas Futsal Spanyol. (Dok. FIFA)

Sosok dengan nama lengkap Enrique Boned Guillot ini dianggap sebagai salah satu pemain bertahan terbaik di dunia futsal. Dia punya sederet prestasi gemilang.

Baca Juga:
Timnas Indonesi U-16 Gagal ke Piala Asia U-17 2023, Kena Kutukan Juara Piala AFF?

Bersama Spanyol, dia meraih 2 gelar Piala Dunia. Di level klub, dia meraih 5 Liga Futsal UEFA, 4 Liga Futsal Spanyol, 3 Piala Futsal Spanyol, dan 3 Piala Futsal Super Spanyol.

Di level individu, Kike pernah sekali dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia pada 2009.

4. Falcao

Falcao, legenda futsal asal Brasil. (AFP)

Tak cuma Tobias, Brasil juga punya pemain futsal hebat lainnya dalam diri Alessandro Rosa Vieira atau akrab disapa Falcao. Dia bahkan dinilai sebagai yang terbaik sepanjang sejarah futsal.

Bahkan di usianya yang sudah lebih dari 40 tahun, Falcao masih sempat bermain dan menjadi bagian dari timnas futsal Brasil. Trofi paling bergengsi buat Brasil tentunya 2 gelar Piala Dunia Futsal.

Di level individu, Falcao memegang 4 gelar Pemain Terbaik Dunia dan dua kali menjadi pemain terbaik di Piala Dunia Futsal.

5. Ricardinho

Pemain Timnas Futsal Portugal, Ricardinho resmi bergabung klub milik Atta Halilintar, Pendekar United. (AFP)

Di urutan terakhir adalah penggawa klub futsal Indonesia Pendekar United, Ricardinho. Capaian di dunia futsal membuatnya jadi salah satu yang terbaik sejagat.

Ricardinho pernah meraih berbagai gelar, mulai dari Piala Eropa Futsal hingga Piala Dunia serta berbagai gelar juara di berbagai liga di dunia.

Di nomor individu, Ricardinho adalah pemain futsal dengan gelar pemain terbaik terbanyak. Dia total mengoleksi 6 gelar Pemain Terbaik Dunia sebanyak 6 kali.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More