Gagah Radhitya Widiaseno
Selebrasi pemain Malaysia U-16 usai berhasil mengalahkan UEA. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Klasemen sementara runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Thailand dan Malaysia saling sikut, UEA hilang.

Sejauh ini, pertandingan di grup A-J Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 sudah berlangsung. Beberapa tim mulai saling sikut untuk memperebutkan tiket lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Juara grup dipastikan sudah langsung mendapatkan tiket lolos ke Piala Asia U-17 2023. Ada juga tiket yang diperebutkan untuk para tim yang berhasil menjadi runner-up terbaik dalam ajang ini.

Baca Juga:
Tebar Psywar, Kata Kapten Malaysia U-16 Jelang Duel Lawan Timnas Indonesia U-16

Sejumlah enam slot yang akan diperebutkan untuk melaju ke putaran final. Sampai saat ini, grup A sampai D sudah memainkan tiga sampai empat pertandingan. Sedangkan grup E sampai J menjalani satu sampai dua pertandingan.

Menariknya, klasemen runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 akan menerapkan sistem persamaan karena tidak semua grup memiliki jumlah peserta yang sama.

Nantinya, untuk Grup A hingga D yang berisi lima kontestan, maka hasil pertandingan melawan tim penghuni peringkat keempat dan kelima klasemen akhir tidak akan masuk hitungan di klasemen runner-up terbaik.

Baca Juga:
Absen Bela Timnas Indonesia U-16 Lawan Malaysia, Iqbal Gwijangge Kemungkinan Digantikan Sosok Ini

Sementara itu, untuk Grup E sampai J yang berisi empat peserta, maka hasil pertandingan kontra klub peringkat keempat alias juru kunci juga tidak akan dihitung.

Untuk saat ini, setidaknya ada sederet kontestan papan atas yang tengah terlibat di perebutan tiket lolos via jalur runner-up terbaik.

Peringkat pertama diisi oleh Timnas China U-16 yang mengoleksi enam poin. Torehan golnya pun cukup signifikan yakni 20 gol dengan nol kebobolan.

Baca Juga:
Meski Kalah, Pelatih Timnas Palestina U-16 Terkesan Main di Indonesia

Di bawahnya terdapat India U-16 yang juga mengoleksi enam poin dengan enam gol berbanding satu kebobolan.

Ada wakil dari negara ASEAN yang masuk dalam kategori runner-up terbaik. Terdapat dua negara yakni Thailand dan Malaysia. Kedua negara ini saling sikut di klasemen runner-up terbaik.

Thailand sendiri menduduki peringkat ketiga dengan raihan enam poin dengan jumlah gol enam berbanding satu kebobolan.

Sedangkan Malaysia berada di posisi kelima dengan empat poin. Bangladesh berada di posisi keempat dengan raihan enam poin.

Berikut Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

1. China (2 Main, 6 Poin, Selisih Gol +20)

2. India (2 Main, 6 Poin, Selisih Gol +6)

3. Thailand (2 Main, 6 Poin, Selisih Gol +5)

4. Bangladesh (2 Main, 6 Poin, Selisih Gol +3)

5. Malaysia (2 Main, 4 Poin, Selisih Gol +1)

6. Tajiskistan (1 Main, 3 Poin, Selisih Gol +3)

7. Laos (2 Main, 3 Poin, Selisih Gol 2)

8. Oman (2 Kali Main, 3 Poin, Selisih Gol 1)

9. Yordania (2 Kali Main, 2 Poin, Selisih Gol 0)

10. Korea Selatan (1 Kali Main, 0 Poin, Selisih Gol 0)

Load More