Husna Rahmayunita
Kapten timnas Malaysia U-16, Muhammad Danish Darus. (YouTube/Harimau Malaya)

Bolatimes.com - Kapten Malaysia U-16 Muhammad Danish Darus antusias menghadapi laga pamungkas lawan Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Ia menegaskan skuadnya siap melawan tuan rumah Timnas Indonesia U-16. Danish mengaku akan mematuhi segala arahan dari pelatihnya.

"Kami akan mengikuti instruksi pelatih," kata Danish usai laga lawan UEA, Jumata (7/10/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Pelatih Malaysia Osmera bin Omaro U-16 mengakui Indonesia merupakan lawan yang berat.

Di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Indonesia tiga kali menang dari tiga pertandingan yang dilalui. Sementara, pada jumlah laga serupa, Malaysia menang dua kali dan sekali imbang. Satu-satunya hasil seri itu, secara mengejutkan, diperoleh ketika mereka berhadapan dengan Guam.

Selain itu, Indonesia datang ke Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 seusai menjadi juara di Piala AFF U-16 2022. Ketika Indonesia mengangkat trofi juara turnamen itu, Malaysia gagal melaju dari fase grup.

Namun, ia bertekad membawa timnya mengalahkan Indonesia pada duel yang akan berlangsung Minggu (9/10/2022) nanti.

"Indonesia tim bagus dan memiliki motivasi tinggi. Namun, bola itu bundar," ungkaonya.

Staf pelatih Malaysia U-16 pun terus memantau penampilan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 mulai pertandingan pertama.

Upaya itu terbantu kebijakan PSSI yang menayangkan seluruh laga timnas U-17 Indonesia di stasiun televisi swasta dan layanan menonton daring.

"Jadi kami bisa melihat Indonesia di internet," pungkas Osmera.

Andai Malaysia harus menang atas Indonesia untuk mengunci tempat di Piala Asia U-17 2023, Indonesia hanya membutuhkan hasil seri dari pertandingan tersebut untuk menjadi juara grup dan melaju langsung ke Piala Asia.

Namun, andai kalah dari Malaysia, Indonesia akan menduduki peringkat kedua dan kelolosan ke Piala Asia U-17 2023 hanya dapat diraih jika masuk dalam enam "runner up" terbaik dari 10 grup yang ada di kualifikasi.

(Antara)

Load More