Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Wanita Spanyol. (Twitter)

Bolatimes.com - Sebanyak 15 pemain dikabarkan sudah keluar dari timnas Wanita Spanyol, pengunduran diri secara massal ini tak lepas dari drama pemecatan pelatih yang diinginkan para pemain.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) lewat laman resmi mengumumkan kabar mengenai mundurnya belasan pemain timnas Wanita Spanyol pada Kamis (22/9/2022).

Penyebab dari mundurnya belasan pemain dari timnas Wanita Spanyol itu menurut media setempat karena keinginan para pemain agar pelatih mereka, Jorge Vilda dipecat.

Baca Juga:
Diwaspadai Pelatih Lawan, Pratama Arhan Tebar Ancaman Jelang Hadapi Curacao

Satu demi satu pemain disebut RFEF mengirim surel (email) dengan isi yang sama, yakni menyatakan untuk pengunduran diri dari tempatnya.

"Mereka menyatakan situasi saat ini yang dihasilkan mempengaruhi mereka 'secara signifikan' dalam 'keadaan emosional' dan 'kesehatan' mereka," bunyi pernyataan RFEF.

"Dan bahwa 'selama tidak terbalik', mereka mengundurkan diri dari tim nasional Spanyol. Mengecam tindakan para pemain karena mempertanyakan kesinambungan pelatih nasional,''

Baca Juga:
Nyaris Jadi WNI, Mees Hilgers Jalani Debut Manis di Timnas Belanda U-21

"RFEF mengatakan mereka tidak akan memanggil pemain yang tidak ingin mengenakan seragam Spanyol Federasi hanya akan menggunakan pemain berkomitmen, bahkan jika itu berarti bermain dengan pemain muda.''

"Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah sepak bola, baik pria maupun wanita, di Spanyol dan di seluruh dunia," imbuh mereka.

Alexia Putellas selaku peraih Ballon d'Or saat ini tidak termasuk dari 15 pemain timnas Wanita Spanyol yang mengundurkan diri dari tim nasional.

Baca Juga:
Media Vietnam Anggap Shin Tae-yong Terlalu Percaya Diri Jelang Laga Timnas Indonesia vs Curacao

Sementara beberapa rekan setimnya di Barcelona, seperti Patri Guijarro, Mapi Leon hingga Claudia Pina dan Mariona Caldentey termasuk mereka yang mundur.

Selain para pemain Barcelona, ada juga beberapa pemain Manchester seperti Ona Batlle dan Lucia Garcia dari Manchester United dan Leila Quahabi dan Laia Aleixandri dari Manchester City.

Drama sepak bola wanita Spanyol juga tak hanya dari tim nasional, kompetisi sepak bola wanita di musim ini bahkan sempat ditunda selama dua pekan.

Baca Juga:
Betah di Indonesia, Kiper Curacao Lempar Kode Tertarik Berkarier di Liga 1

Hal itu dikarenakan para wasit memutuskan mogok bertugas, sehingga menyebabkan banyaknya penundaan pertandingan di kompetisi tersebut.

Kontributor: Eko
Load More