Rabu, 07 Desember 2022
Rauhanda Riyantama : Jum'at, 23 September 2022 | 08:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Mantan kapten Inter MilanAndrea Ranocchia putuskan pensiun dari dunia sepak bola. Mirisnya, keputusan ini diambil selang tiga bulan kepindahannya ke Monza untuk mengarungi Liga Italia 2022/2023.

Keputusan mengakhiri karier sepak bola disampaikan Andrea Ranocchia melalui video yang dirinya unggah di Instagram pada Jumat (23/9/2022) dini hari WIB. Sebelumnya ia sudah sepakat untuk mengakhiri kontrak bersama Monza.

Dalam unggahannya itu, Andrea Ranocchia mengaku memilih pensiun karena merasa sudah tak lagi bergairah dengan sepak bola. Salah satu penyebabnya karena rangkaian cedera parah yang dialami.

"Satu setengah tahun terakhir saya tidak mudah. Perlahan gairah yang selalu saya rasakan untuk permainan ini memudar," kata Andrea Ranocchia.

"Pada Mei tahun lalu, saat saya masih di Inter Milan, saya merasa ada sesuatu yang tidak benar tetapi saya tidak mengerti apa itu," tambahnya.

Menurut Ranocchia, kepindahannya dari Inter Milan ke Monza ada hubungannya dengan mencari gairah baru untuk terus bermain sepak bola. Namun, peruntungannya di klub milik Silvio Berlusconi itu tidak berjalan mulus.

Eks kapten Inter Milan itu menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan Monza, tetapi kariernya di klub promosi itu terhambat karena patah tulang betisnya saat mereka dikalahkan Napoli 0-4 pada Agustus.

"Saya cukup beruntung untuk menemukan Monza yang memberi saya kesempatan dan kepercayaan diri yang besar, menawarkan saya kontrak yang sangat baik dan kesempatan untuk kembali ke permainan dan memahami apa yang terjadi padaku," kata Ranocchia.

"Sayangnya di awal musim sensasinya belum membaik dan ke depan seolah-olah saklar mati, tidak ada gairah lagi. Pada awalnya saya tidak mau menerimanya, saya melanjutkan dengan komitmen, tetapi saya merasa tidak ada yang tersisa di dalam diri saya."

"Lalu ada cedera parah di Naples yang akan membuat saya absen selama berbulan-bulan: tanpa semangat dan tekad yang diperlukan untuk kembali, saya pikir itu benar untuk tidak mengolok-olok siapa pun, dimulai dengan diri saya sendiri."

Cedera parah membuat Ranocchia mantap untuk meninggalkan sepak bola untuk selamanya. Dia menyebut tak punya pikiran untuk kembali ke dunia yang membesarkan namanya itu.

"Saya tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan saat ini. Sekarang saya meluangkan waktu untuk mengatur semua emosi dan pikiran saya untuk masa depan. Saya benar-benar tidak berpikir saya akan kembali bermain sepak bola, bukan itu yang saya inginkan," pungkasnya.

Selama berkarier di sepak bola profesional, Andrea Ranocchia merupakan salah satu bek tangguh khususnya di Liga Italia. Bersama Inter, dia meraih satu gelar Liga Italia (2020-2021), Coppa Italia (2010-2011, 2021-2022) dan Piala Super Italia (2021-2022).

(Arief Apriadi)

BACA SELANJUTNYA

Momen Mengerikan Cedera Kiper Timnas Polandia, Gagal Tampil di Piala Dunia 2022