Irwan Febri Rialdi | Gagah Radhitya Widiaseno
Timnas Hong Kong U-19 saat bersua Vietnam di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Rabu (14/9/2022). (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Klasemen terbaru runner-up Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Negara ASEAN seperti Vietnam dan Malaysia berbeda 180 derajat.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 menjelang pertandingan pamungkas mulai terlihat beberapa negara yang memastikan lolos.

Juara grup dan runner-up terbaik bakal mengamankan satu tempat di Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023.

Baca Juga:
Elkan Baggott Main 90 Menit, Gillingham FC Malah Takluk 0-2 di Kandang

Saat ini masih ada 44 tim yang bersaing memperebutkan tiket ke putaran final dan terbagi dalam beberapa grup mulai dari Grup A sampai Grup J.

Runner-up terbaik menjadi salah satu tiket yang bisa diamankan tim di babak kualifikasi untuk bisa lolos ke putaran final, namun AFC memiliki regulasi tersendiri. Beberapa kriteria yang dimaksud menjadi runner-up terbaik yakni tim-tim peringkat kedua akan diadu secara poin, selisih gol, torehan gol, dan poin disiplin.

Saat ini ada total 10 tim yang menempati peringkat kedua klasemen kualifikasi dan nantinya hanya akan ada lima tim yang berhak melenggang ke putaran final.

Baca Juga:
Jelang Lawan Timnas Indonesia U-19, Ini Dia yang Ditakutkan Pelatih Vietnam U-19

Vietnam berhasil menjadi juara di table klasemen runner-up terbaik dengan koleksi enam poin. Di peringkat kedua terdapat Yaman yang meraup empat poin.

Sedangkan di peringkat ketiga terdapat negara Bahrain yang mengoleksi empat poin juga.

Malaysia menduduki posisi ke-4 dengan raihan empat poin. Hal ini tentunya membuat mereka ketar-ketir karena bisa disusul dengan negara-negara lain yang masih menyisakan beberapa pertandingan.

Baca Juga:
Serba Bisa, Robi Darwis Akui Dapat Bermain di Posisi Manapun

Malaysia sendiri harus menelan kekalahan telak 2-6 atas Korea Selatan pada Minggu (18/9/2022). Dengan hasil ini, membuat skuad Harimau Malaya di ujung tanduk dan berpeluang tak lolos di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Di peringkat kelima terdapat Arab Saudi yang mengoleksi tiga poin.

Berikut 5 besar runner-up terbaik pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:

  1. Vietnam 6 Poin
  2. Yaman 4 Poin
  3. Bahrain 4 Poin
  4. Malaysia 4 Poin
  5. Arab Saudi 3 Poin

Load More