Rauhanda Riyantama
Thomas Tuchel saat masih menjadi pelatih Chelsea. (AFP)

Bolatimes.com - Berstatus sebagai tim terbaik bukan jaminan akan membawa beberapa klub top ini melenggang mudah di ajang Liga Champions, dan bahkan terancam gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Tip top Eropa juga butuh evaluasi, sederet klub papan atas ini benar-benar membutuhkan keajaiban untuk bisa lolos fase grup Liga Champions 2022-2023.

Awal yang buruk atau lawan yang terlalu kuat, hingga keberuntungan yang belum memihak membuat deretan klub besar ini merana di Liga Champions.

Baca Juga:
Jika Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam Imbang, Juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Ditentukan Via Adu Penalti

Saking merananya, bahkan ada lima klub papan atas Eropa yang terancam gagal lolos fase grup turnamen Si Kuping Besar musim ini.

Lantas siapa saja mereka? berikut lima klub top yang terancam gagal lolos dari fase grup Liga Champions 2022-2023.

1. Atletico Madrid

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Runner-Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Vietnam Pertama, Malaysia Ketiga

Pemain Atletico Madrid merayakan gol kemenangan atas Espanyol yang dicetak Yannick Carrasco. (AFP)

Performa Atletico Madrid di musim ini terbilang seperti klub medioker, menghuni peringkat ketujuh klasemen Liga Spanyol usai mengalami kemunduran yang sangat.

Atletico juga menelan kekalahan dari Bayer Leverkusen awal pekan ini dan saat ini bertengger di peringkat ketiga fase Grup B.

Jika tidak segera meraih hasil positif, Atletico bisa benar-benar kacau di Liga Champions dan tersingkir dramatis sebelum bisa melewati fase grup.

Baca Juga:
Resmi! Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia untuk Lawan Curacao, Belum Ada Jordi Amat dan Sandy Walsh

2. Inter Milan

Gelandang Inter Milan Denzel Dumfries (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua dalam pertandingan Liga Champions lawan Viktoria Plazen pada 13 September 2022. (AFP/Michal Cizek)

Banyak yang bilang jika Inter Milan sudah mampu mencapai level terbaik mereka di Liga Italia, namun tidak di ajang Liga Champions.

Sempat bangkit dari kekalahan melawan Bayern Muenchen, namun bukan berarti hal itu mengamankan satu tempat untuk raksasa Milan ini.

Baca Juga:
Jadwal Liga 1 2022 Hari Ini: Ada Big Match Persija Jakarta vs Madura United

Masih ada Barcelona untuk dikalahkan, kendati sudah memetik kemenangan atas Viktoria Plzen awak pekan ini, tembok besar masih menghadang.

Inkonsistensi akan membawa Inter ke jurang 'kematian', bahkan sebelum babak penyisihan grup Liga Champions musim ini berakhir.

3. Tottenham Hotspur

Selebrasi Son Heung-min setelah mencetak gol untuk Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris pekan terakhir lawan Norwich pada 22 Mei 2022. ANTARA/Reuters/PAUL CHILDS

Spurs terpongkeng setelah kalah dari Sporting C dengan skor 2-0, tentu bukan hasil bagus untuk tim besutan Antonio Conte.

Meski saat ini berada di urutan kedua klasemen Grup D, namun klub-klub yang jadi lawannya tidak akan memberi kemudahan untuk Spurs.

Bisa jadi Spurs justru akan kesulitan dan memastikan diri menjadi kontestan Liga Europa musim ini setelahnya.

4. Juventus

Selebrasi Angel Di Mari usai cetak gol saat Juventus kalahkan Sassuolo 3-0 di pekan perdana Liga Italia 2022/2023. (AFP)

Saking bapuknya Juventus, Massimiliano Allegri bahkan terancam kehilangan pekerjannya di awal musim ini setelah sederet hasil buruk.

Tak hanya di kompetisi lokal, tetapi juga di Liga Champions dengan dua kekalahan beruntun dari Paris Saint-Germain dan Benfica.

Bukan tak mungkin Juventus jadi tim pertama yang tergusur dari Liga Champions dan bahkan tak sampai bisa lolos dari fase grup.

5. Chelsea

Potret para pemain Chelsea di Liga Inggris 2022/2023. (AFP)

Chelsea adalah definisi klub paling mengalami penurunan performa sampai harus memecat Thomas Tuchel dan menunjuk Graham Potter sebagai gantinya.

Tergabung di Grup E Liga Champions, Chelsea kalah dari Dinamo Zagreb dan ditahan imbang RB Salzburg tentu bukan hasil baik.

Belum lagi mereka akan menghadapi AC Milan dalam lanjutan Liga Champions, status juara musim 2020-2021 seolah pudar dengan performa mereka saat ini.

Kontributor: Eko
Load More