Rauhanda Riyantama
Sohgo Ichikawa, bintang Timnas Hong Kong U-20. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal sosok Sohgo Ichikawa, bintang Hong Kong U-20 yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia U-19 pada gelaran Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Usai bertarung di ajang Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 arahan Shin Tae-yong akan kembali beraksi di bulan September mendatang.

Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan akan melakoni ajang bergengsi level Asia yakni Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
3 Alasan Timnas Indonesia Bisa Jadi Juara Grup A Piala AFF 2022

Di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini, Timnas Indonesia U-19 akan berstatus tuan rumah grup F, di mana skuad Garuda akan berhadapan dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Mengingat hanya ada juara grup dan lima Runner Up grup terbaik saja yang akan lolos ke Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-19 yang berstatus tuan rumah pun akan berusaha mati-matian untuk menyapu bersih fase grup.

Dari 3 lawan yang ada, hanya Vietnam yang dirasa akan menjadi batu sandungan Timnas Indonesia U-19 di babak kualifikasi nanti.

Baca Juga:
Bikin Kejutan Libas Kento Momota, BWF Soroti Reaksi Chico Aura Dwi Wardoyo

Namun, Timnas Indonesia U-19 tak boleh meremehkan lawan-lawan lainnya yang ada di grup F, salah satunya adalah Hong Kong.

Sebab, Hong Kong memiliki pemain muda berbakat pada diri Sohgo Ichikawa. Pemain ini menjadi salah satu pemain yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia U-19 kelak.

Lantas, siapakah sosok Sohgo Ichikawa tersebut? Berikut profilnya.

Baca Juga:
Jadi Pelatih Anyar Persik Kediri, Divaldo Alves Fokus Benahi Mental Pemain

Profil Sohgo Ichikawa

Sohgo Ichikawa merupakan gelandang serang andalan Hong Kong U-20. Ia sendiri lahir pada 30 Juli 2004, atau saat ini usianya baru 18 tahun.

Ichikawa sendiri bukanlah pemain kelahiran Hong Kong. Dari namanya saja diketahui bahwa dirinya memiliki keterikatan dengan Jepang. Ia sendiri lahir di Osaka.

Baca Juga:
Profil Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Tim Spesialis Runner-up

Meski lahir di Jepang, Ichikawa tumbuh di Hong Kong. Karier sepak bolanya dimulai di klub lokal bernama Kitchee SC pada 2016.

Tak disangka, kiprah Ichikawa di level akademi membuatnya langsung dipromosikan ke tim senior pada usia 16 tahun saja.

Karenanya, Ichikawa menjadi pemain termuda sepanjang sejarah Kitchee yang berhasil melakoni debut bersama tim utama.

Total 17 penampilan telah dibuatnya bersama tim utama Kitchee SC, di mana ia mampu melesakkan dua gol bagi klub berjuluk The Bluewaves tersebut.

Sedangkan kiprahnya di ajang internasional bermula sejak 2019, kala dirinya mewakili Hong Kong di ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Meski baru berusia belasan tahun, Ichikawa bahkan berhasil menembus skuad Hong Kong U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Ia bahkan berhasil melakoni debutnya saat Hong Kong U-23 berhadapan dengan Jepang U-23 di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Di usia yang baru 17 tahun, Ichikawa berhasil melakoni debutnya bersama Timnas Hong Kong kala berpartisipasi di ajang EAFF Football Championship dengan melawan Jepang pada 19 Juli 2022 lalu.

Kiprahnya yang mampu menembus kelas di atasnya dalam waktu singkat membuat nama Ichikawa harus diwaspadai Timnas Indonesia U-19.

Sebab, secara pengalaman dirinya unggul selangkah ketimbang mayoritas para pemain Timnas Indonesia U-19, kecuali Marselino Ferdinan yang punya kisah hampir sama dengannya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More