Rauhanda Riyantama
Timnas Belanda hancurkan Belgia 4-1 di UEFA Nations League, Jumat (4/6/2022). (AFP/Kenzo TRIBOUILLARD_

Bolatimes.com - Spesialis runner-up Piala Dunia kembali, timnas Belanda di bawah asuhan Louis van Gaal siap memberi kejutan Piala Dunia 2022 Qatar.

Ketiga kalinya timnas Belanda ditukangi Louis van Gall sekaligus menjadi penanda kembalinya raja tanpa mahkota di Piala Dunia.

Kunci keberhasilan timnas Belanda masuk ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah menumbangkan Norwegia di babak penyisihan Grup G.

Baca Juga:
Satu Grup dengan Vietnam di Piala AFF 2022, Pelatih Malaysia Fokus Perkuat Tim

Kemenangan tersebut tidak didapat dengan mudah, timnas Belanda dipaksa harus kerja keras sepanjang permainan membongkar pertahanan solid Norwegia.

Baru pada menit ke-84 timnas Belanda sukses mencetak gol lewat aksi Bergwjin disusul gol kedua Memphis Depay dan skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Belanda mengakhiri babak kualifikasi dengan perolehan 23 poin dari 10 pertandingan, hanya sekali kalah, tujuh menang dan dua seri.

Baca Juga:
4 Alasan Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Thailand di Piala AFF 2022, Waktunya Balas Dendam

Prestasi dan Kekuatan

Prestasi timnas Belanda sebagai kontestan Piala Dunia tak lepas dari pil pahit yang berkali-kali ditelan, runner-up.

Tiga kali meraih status sebagai runner-up di edisi 1974, 1978 dan 2010, di edisi 2014 timnas Belanda keluar sebagai juara ketiga.

Baca Juga:
Japan Open 2022: Jonatan Christie Bongkar Kunci Kalahkan Wakil Belanda di Babak Pertama

Jika melihat kekuatan, timnas Belanda saat ini tak semewah tim yang berlaga di Piala Dunia edisi 2010 dan 2014.

Meski demikian, tim asuhan Louis van Gaal yang lolos ke Piala Dunia 2022 ini memiliki kualitas yang menjanjikan, kombinasi pemain muda dan tua.

Deretan pemain senior seperti Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, dan Memphis Depay bakal memandu darah muda diwakili oleh Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, hingga Ryan Gravenberch.

Baca Juga:
Singkirkan Peringkat Dua Dunia di Japan Open 2022, Chico Aura Dwi Wardoyo: Alhamdulillah

Pada Piala Dunia 2022, Belanda masuk grup A bersama Qatar (tuan rumah), Senegal, dan Ekuador, ujian berat tentu sudah harus dihadapi Belanda di awal turnamen.

Selebrasi Pemain Timnas Belanda, Memphis Depay usai mencetak gol ke gawang Jerman (AFP)

3 Pemain Kunci

Virgil van Dijk

Bek Liverpool saat ini berpredikat sebagai salah satu pemain bertahan terbaik di dunia, keberadaannya akan sangat dibutuhkan timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

Selain hebat dalam duel udara, kecepatan dan bagaimana cara menutup ruang pemain lawan dimiliki Virgil van Dijk sebagai seorang bek tangguh.

Ketergantungan Belanda terhadap Van Dijk juga tak lepas dari performa cemerlang sang pemain bersama Liverpool dalam beberapa musim terakhir.

Torehan gelar Liga Champions dan Liga Inggris menjadi modal tersendiri Van Dijk membimbing adik-adik tingkatnya di timnas Belanda.

Frenkie de Jong

Kesetiaannya untuk Barcelona sedang dipertanyakan, Frenkie de Jong merupakan komoditi panas klub-klub top Eropa dalam beberapa pekan terakhir.

Namun kualitas bermainnya tak perlu dipertanyakan lagi, Frenkie harus ada dalam starter tim asuhan Louis van Gaal di Piala Dunia 2022.

De Jong merupakan pemain bertipe dinamis, mampu sebagai pengisi gelandang tengah, bertahan maupun penyerangan, kualitasnya menjadikan sang pemain tak tergantikan.

Denzel Dumfries

Namanya menanjak seiring nekatnya Inter Milan memboyongny dari Liga Belanda, kemampuannya tak hanya sebagai gelandang namun juga bisa berperan sebagai sayap.

Meski baru di tahun 2018 menjalani debutnya bersama timnas Belanda, namun kualitasnya sebagai pemain sangat dibutuhkan Van Gaal di Piala Dunia 2022.

Pelatih

Louis van Gaal ditunjuk sebagai pelatih timnas Belanda pada Agustus 2021, kedatangannya mengisi kursi pelatih yang kosong setelah mundurnya Frank de Boer.

Pekerjaan Van Gaal membawa timnas Belanda ke Piala Dunia 2022 juga tak mudah, meski mendapat kemudahan setelah lolos otomatis sebagai juara grup Kualifikasi Zona Eropa.

Menjadi periode ketiga Van Gaal mengarsiteki Belanda, setelah kali pertama menukangi De Oranje pada 2000 lalu meski hanya satu tahun setelah gagal membawa Belanda ke Piala Dunia 2002.

Setelahnya kembali pada 2012 dan sukses membawa timnas Belanda lolos ke Piala Dunia 2014, bahkan membawa pulang medali perunggu setelah mengalahkan tuan rumah Brasil.

Kini Van Gaal kembali, sudah memimpin 13 pertandingan dan memenangi sembilan pertandingan, empat imbang tanpa menelan kekalahan.

Daftar Pemain Timnas Belanda untuk Piala Dunia 2022

Kiper
Jasper Cillessen (Valencia)
Mark Flekken (Freiburg)
Kjell Scherpen (Brighton & Hove Albion)

Bertahan
Jurrien Timber (Ajax)
Matthijs de Ligt (Juventus)
Virgil van Dijk (Liverpool)
Nathan Ake (Manchester City)
Stefan de Vrij (Inter Milan)
Hans Hateboer (Atalanta)
Tyrell Malacia (Feyenoord)
Daley Blind (Ajax)
Jordan Teze (PSV)
Denzel Dumfries (Inter Milan)
Bruno Martins Indi (AZ)

Gelandang
Guus Til (Feyenoord)
Steven Berghuis (Ajax)
Davy Klaassen (Ajax)
Teun Koopmeiners (Atalanta)
Frenkie de Jong (Barcelona)
Jerdy Schouten (Bologna)

Penyerangan
Steven Bergwijn (Tottenham Hotspur)
Cody Gakpo (PSV)
Memphis Depay (Barcelona)
Noa Lang (Club Brugge)
Wout Weghorst (Burnley)
Vincent Janssen (Monterrey)

Kontributor: Eko
Load More