Rauhanda Riyantama
Potret skuat Timnas Thailand di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Berikut profil Timnas Thailand, lawan kuat dari grup A yang berada dalam satu grup bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia dipastikan tergabung dalam grup A Piala AFF 2022, usai melakoni Drawing pembagian grup Piala AFF 2022, Selasa (30/8).

Dalam Drawing tersebut, Timnas Indonesia akan tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Baca Juga:
Siapkan Pemain Terbaik, Shin Tae-yong Bongkar Lawan Paling Kuat di Grup A Piala AFF 2022

Pembagian grup ini bisa dikatakan terbilang menguntungkan, karena Timnas Indonesia terhindar dari rival-rivalnya seperti Vietnam dan Malaysia.

Meski terkesan mudah, negara-negara di grup A bisa menjadi batu sandungan besar bagi Timnas Indonesia yang berhasrat meraih gelar di ajang ini.

Batu sandungan paling utama datang dari Thailand. Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia tak punya catatan apik kala bersua tim berjuluk Gajah Perang itu.

Baca Juga:
Tak Hanya Thailand, Shin Tae-yong juga Waspadai Semua Lawan di Piala AFF 2022

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia dan Thailand sendiri terjadi pada final Piala AFF 2020 lalu. Saat itu, skuad Garuda harus tumbang dengan agregat 2-6.

Di final leg pertama Piala AFF 2020, Timnas Indonesia harus menyerah 0-4 dari Thailand. Di leg kedua, skuad Garuda mampu bermain imbang 2-2.

Rekor buruk yang dimiliki Timnas Indonesia dan status Thailand sebagai tim terkuat di Asia Tenggara membuat tim Gajah Perang bisa menjadi batu sandungan besar di fase grup Piala AFF 2022 mendatang.

Baca Juga:
Menakar Peta Persaingan Grup A Piala AFF 2022, Mampukah Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal?

Lantas, seperti apa profil Timnas Thailand di Piala AFF 2022 mendatang?

Kiprah Thailand di Piala AFF

Thailand bukanlah tim sembarangan di Piala AFF. Sejak ajang ini digelar pada tahun 1996, tim Gajah Perang telah 6 kali menjadi juara.

Baca Juga:
Profil Sari Yuliati, Anggota DPR RI yang 'Goda' Jordi Amat dan Sandy Walsh saat Rapat Naturalisasi

Dalam 13 kali partisipasinya, Thailand tak hanya menjadi juara 6 kali. Tercatat tim ini rutin lolos dari fase grup, dengan 11 kali lolos ke semifinal dan dua kali gagal.

Selain 6 kali menjadi juara, Thailand juga mampu meraih 3 kali posisi Runner Up, dan satu kali meraih peringkat ketiga.

Pelatih Thailand Alexandre Polking (kiri) merayakan kemenangan tim pada leg pertama pertandingan semifinal sepak bola Piala AFF 2020 melawan Vietnam di Stadion Nasional di Singapura pada 23 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Pelatih: Alexandre Polking

Thailand memiliki pelatih berpengalaman pada sosok Alexandre ‘Mano’ Polking. Pria berusia 46 tahun ini memiliki sentuhan emas yang membuat Gajah Perang begitu menakutkan.

Hal ini terbukti dari kiprahnya. Meski baru ditunjuk melatih Thailand 3 bulan sebelum Piala AFF 2020 digelar, Mano Polking mampu membawa tim arahannya menjadi juara.

Bahkan, pria kelahiran Brasil ini punya catatan apik dalam karier kepelatihannya. Dilansir dari Transfermarkt, Mano Polking memiliki rekor 11 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 2 kekalahan dari 15 laga bersama Thailand.

Berkat tangan dinginnya pula, Thailand mampu melaju ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status sebagai Runner Up grup C bersama Uzbekistan, Maldives, dan Sri Lanka.

Skuad Timnas Thailand (per 14 Juni 2022)

Kiper:

Kawin Thamsatchanan
Siwarak Tedsungnoen
Kittipong Phuthawchueak

Bek:

Theerathon Bunmathan
Tristan Do
Peerapat Notchaiya
Pansa  Hemviboon
Sasalak Haiprakhon
Jakkapan Praisuwan
Suphanan Bureerat

Gelandang

Chanathip Songkrasin
Sarach Yooyen
Tanaboon Kesarat
Thitiphan Puangchan
Bordin Phala
Phitiwat Sukjitthammakul
Pathompol Charoenrattanapirom
Worachit Kanitsribampen
Weerathep Pomphan
Pakorn Prempak
Chaowat Veerachat

Penyerang

Teerasil Dangda
Adisak Kraisorn
Chayawat Srinawong

Load More