Rauhanda Riyantama
Selebrasi Eero Markkanen usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra di Piala Indonesia, Minggu (3/2/2019). (Instagram/eeromark)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, telah resmi membatalkan penyelenggaraan Piala Indonesia 2022.

Padahal, sebetulnya ada sejumlah alasan penting yang membuat PSSI harus tetap menyelenggarakan Piala Indonesia musim ini yang akan diikuti klub-klub dari Liga 1, Liga 2, hingga Liga 3.

Sebagai informasi, terakhir Piala Indonesia digelar pada 2018/2019. Ketika itu, PSM Makassar keluar sebagai juara usai menundukkan Persija Jakarta di final.

Baca Juga:
Profil Ze Valente, Pemain Asing PSS Sleman yang Rumahnya Dibobol Maling saat Tanding

Setelah itu, turnamen yang sebelumnya bernama Copa Indonesia ini tak digelar. Salah satu penyebabnya adalah pandemi Covid-19.

“Kelihatannya kemungkinan besar enggak digulirkan (Piala Indonesia). Karena waktu, padatnya jadwal," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada awak media, Minggu (29/8/2022).

"Yang terpenting sponsor. Sponsor mungkin alasannya karena situasi selesai Covid-19. Mungkin tahun depan Insya Allah. Kemungkinan besar fiks enggak digelar,” jelasnya.

Baca Juga:
Kocak, Momen Robert Lewandowski Cetak Gol dengan Gaya Mirip Logo Bundesliga

Keputusan PSSI untuk membatalkan penyelenggaraan Piala Indonesia 2022 tentunya mengundang tanda tanya besar dari kalangan publik. Tak sedikit yang menyayangkan keputusan federasi tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat PSSI seharusnya menyelenggarakan Piala Indonesia untuk musim ini.

1. Memperkuat Timnas Indonesia

Baca Juga:
Jelang Lawan Olympiacos, Bagus Kahfi Tak Masuk Daftar Pemain Asteras Tripolis FC

Penyelenggaraan Piala Indonesia musim ini tentu saja akan menambah jadwal pertandingan untuk klub kontestan, baik itu di level Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3.

Sebelumnya, Mochamad Iriawan sempat menyebut bahwa penyelenggaraan Piala Indonesia 2022 bisa membuat tim-tim Indonesia semakin kompetitif.

Dengan keterlibatan klub-klub dari semua jenjang, hal ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih untuk timnas Indonesia.

Baca Juga:
Link Live Streaming PSM Makassar vs Persib Bandung di Liga 1 2022 Malam Ini

“Yang jelas, di tengah-tengah itu (kompetisi), ada Piala Indonesia. Kami menggulirkan Piala Indonesia supaya bisa meningkatkan performa klub agar memperkuat tim nasional,” kata Iwan Bule pada medio 6 Juli 2022.

2. Juara Piala Indonesia Jadi Wakil di Piala AFC

Penyelenggaraan Piala Indonesia 2022 juga bakal menjadi salah satu penentu wakil Indonesia di kejuaraan level Asia. Klub yang nantinya sukses menjuarai Piala Indonesia musim ini akan mewakili Indonesia di Piala AFC musim depan.

Sebelumnya, ada tiga kontestan yang akan mewakili Indonesia di kejuaraan Asia, Tim yang berstatus sebagai juara Liga 1 akan melenggang ke fase play-off Liga Champions Asia musim depan.

Sementara itu, tim yang menjadi runner-up Liga 1 dan juara Piala Indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk tampil di Piala AFC musim depan.

3. Jadi Panggung Pemain Muda

Gelaran Piala Indonesia akan melibatkan 64 tim kontestan sejak babak pertama yang berasal dari klub Liga 1, Liga 2, hingga Liga 3.

Apabila kejuaraan ini bisa diselenggarakan, tentu hal ini bisa bermanfaat besar untuk para pemain muda agar bisa mendapatkan menit bermain.

Sebab, klub-klub peserta, terutama yang berada di Liga 1, akan memberikan kesempatan bermain untuk melakukan rotasi pemain. Sehingga, penggawa muda bisa mendapat kesempatan tampil ketika mereka kesulitan mendapatkannya di level kompetisi.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More