Rauhanda Riyantama
Tom Clayton saat masih berseragam Liverpool. (Twitter/@LivEchoLFC)

Bolatimes.com - Nasib tragis harus dialami Tom Clayton yang belum lama ini dilepas oleh Liverpool, klub yang dibelanya sejak usia 9 tahun.

Tak ada yang tahu betul bagaimana karier seorang pemain muda di dunia sepak bola saat membela klub besar, akankah dirinya sukses, ataukah dirinya harus terpuruk.

Hal ini menjadi pelajaran berharga bagi seorang Tom Clayton yang merupakan seorang bek muda yang telah membela Liverpool sejak usia 9 tahun.

Baca Juga:
Momen Mengerikan Pemain Timnas Wanita Belanda Tersungkur karena Wajah Kena Tendang

Tom Clayton menjadi salah satu pemain yang masuk dalam daftar jual besar-besaran Liverpool di bursa transfer musim panas ini.

Usai melepas tujuh pemain dengan status bebas transfer, Liverpool kemudian melakukan cuci gudang dengan menjual para pemain muda dan para pemain yang tak masuk skema.

Sebut saja seperti Sadio Mane ke Bayern Munich, Takumi Minamino ke AS Monaco, dan Neco Williams ke Nottingham Forest.

Baca Juga:
Daftar Juara Piala AFF U-19: Indonesia Sekali, Malaysia Sudah Dua Kali

Tak cukup sampai di situ, ada nama Tom Clayton yang juga dijual, di mana ia dilepas ke tim kasta keempat, Swindon Town.

Pemain berusia 21 tahun ini dilepas oleh Liverpool ke Swindon Town dengan biaya transfer yang tak diungkapkan ke publik.

Baca Juga:
Dulu Rival, Momen Langka Lionel Messi Persilakan Sergio Ramos Ambil Tendangan Penalti di Laga Uji Coba PSG

Kepindahan ini pun mengakhiri 12 tahun perjalanan pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut di Anfield.

Tom Clayton sendiri bergabung ke Liverpool sejak usia 9 tahun dan telah tampil bagi seluruh tim kelompok umur The Reds.

Tercatat, Tom Clayton telah bermain dari level U-9 hingga tampil di level U-23. Bisa dikatakan, seluruh karier sepak bolanya dihabiskan bersama Liverpool.

Baca Juga:
Jelang Kick Off Liga 1 2022, Persikabo 1973 Coret Dua Pemain Asing

Dilansir dari Transfermarkt, Tom Clayton telah mencatatkan 98 penampilan di kancah pemain muda U-18 hingga U-23 bersama Liverpool, entah itu di Premier League 2 maupun UEFA Youth League.

Jika dilihat lebih jauh, Tom Clayton selalu menjadi andalan bagi tim muda Liverpool baik di tim U-18 hingga di tim U-23 dengan total menit bermain sebanyak 8062 menit.

Namun persaingan ketat di tim utama Liverpool, terutama di sektor bek tengah, membuat Tom Clayton harus menerima dirinya dicampakkan.

Nyatanya, bek berpostur 1,87 meter ini bukanlah satu-satunya bek tengah yang dicampakkan Liverpool di musim panas ini.

Liverpool juga disebutkan akan mendepak Nathaniel Philips, yang juga merupakan bek jebolan akademinya sendiri.

Pria yang akrab disapa Nat Phillips itu bakal dilepas Liverpool ke tim promosi, Bournemouth yang sempat meminjamnya pada sejak Januari hingga Mei 2022.

Berbeda dengan Tom Clayton, Nat Phillips sempat merasakan penampilan di tim utama, di mana ia menjadi andalan Liverpool di paruh kedua musim 2019/2020.

Absennya Virgil van Dijk membuat Nat Phillips menjadi andalan dan berhasil membawa Liverpool finis di empat besar pada musim tersebut.

Selepas kembalinya Van Dijk, Nat Phillips kembali ke bangku cadangan dan akhirnya bakal dilepas oleh Liverpool ke Bournemouth.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More