Rauhanda Riyantama
Sejumlah pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 menyapa penonton usai pertandingan pesepak bola Tim Nasional Thailand U-19 Chanapach Buaphan (kanan) dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). Pertandingan itu berakhir 0-0. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Bolatimes.com - Berikut ini adalah empat federasi yang ada di bawah naungan AFC selain AFF atau Federasi Sepak Bola Asia Tenggara yang diikuti Indonesia.

Belakangan, muncul desakan agar Timnas Indonesia dan PSSI segera keluar dari AFF menyusul hasil yang diterima tim U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 gagal melangkah jauh di ajang yang digelar di tanahnya sendiri, usai tersingkir akibat regulasi AFF.

Baca Juga:
Tampil di Piala AFF U-16 2022, Berikut 3 Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Diprediksi Jadi Bintang Baru

Skuad Garuda Nusantara yang memiliki poin sama dengan Vietnam dan Thailand, serta unggul selisih gol di klasemen grup A Piala AFF U-19 2022, malah gagal melangkah ke semifinal.

Berdasarkan regulasi AFF, Timnas Indonesia U-19 kalah Head to Head dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1 di laga pamungkas grup A.

Alhasil, desakan untuk keluar dari AFF bergema di media sosial, terutama Instagram. Hal ini diketahui dari banyaknya kolom komentar di akun Instagram PSSI.

Baca Juga:
Cesc Fabregas Gabung Como 1907, bakal Dilatih Kurniawan Dwi Yulianto

Banyak yang meminta agar PSSI dan Timnas Indonesia berganti federasi dari AFF ke federasi lain untuk meningkatkan kualitas skuad Garuda.

Di AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia, terdapat 5 federasi yang bernaung di bawahnya, termasuk AFF sebagai Federasi Sepak Bola Asia Tenggara.

Lantas, siapa saja 4 federasi tersisa dan siapa saja anggota di dalam 4 federasi yang ada di zona AFC tersebut? berikut daftarnya.

Baca Juga:
Hitung-hitungan Timnas Basket Indonesia Lolos ke 8 Besar FIBA Asia Cup 2022

1. Center Asian Football Association (CAFA)

Timnas U-23 Uzbekistan. (The-AFC.com).

Center Asian Football Association atau CAFA sendiri merupakan federasi di bawah naungan AFC yang memayungi negara-negara Asia Tengah.

Total ada enam negara yang tergabung di dalamnya. Keenam negara tersebut antara lain Afghanistan, Iran, Republik Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

Baca Juga:
Waduh, Hanno Bahrens Sakit Perut Jelang Laga Persija vs RANS Nusantara FC

2. East Asian Football Federation (EAFF)

East Asian Football Federation (EAFF) adalah federasi yang menaungi negara-negara Asia Timur. Federasi ini menjadi salah satu federasi terkuat dari seluruh federasi di AFC.

Total ada 10 negara yang tergabung di federasi ini, seperti Jepang, Korea Selatan, China, Korea Utara, Hong Kong, Taiwan, Makau, Mongolia, Guam dan Kepulauan Mariana Utara.

Federasi ini dianggap federasi terkuat karena berisikan negara-negara langganan Piala Dunia dan menempati ranking 100 besar FIFA seperti Jepang, Korea Selatan dan China.

Federasi ini menjadi salah satu federasi destinasi Timnas Indonesia dan PSSI jika nantinya memilih keluar dari AFF.

3. West Asian Football Federation (WAFF)

Timnas Yordania merayakan kemenangan atas Arab Saudi di FIFA Arab Cup 2021, Rabu (1/12/2021). (AFP/Jack Guez)

West Asian Football Federation (WAFF) menjadi salah satu federasi yang punya anggota terbanyak di AFC. Bahkan, federasi sepak bola Asia Barat ini juga merupakan salah satu federasi terkuat di zona Asia.

Tercatat ada 12 negara yang tergabung di WAFF, yakni Arab Saudi, Iraq, Yordania, Bahrain, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Suriah, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Negara-negara ini merupakan negara terpandang di Asia soal sepak bola. Bahkan, beberapa bintang dunia bermain di liga-liga negara tersebut.

Selain itu, WAFF juga akan menyambut Piala Dunia 2022 seiring terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang terakbar di sepak bola tersebut.

4. South Asian Football Federation (SAFF)

Federasi terakhir di AFC selain AFF dan tiga federasi sebelumnya adalah South Asian Football Federation atau Federasi Sepak Bola Asia Selatan.

Sama seperti CAFA atau Federasi Sepak Bola Asia Tengah, SAFF merupakan salah satu federasi yang memiliki anggota paling sedikit.

Tercatat, SAFF hanya memiliki 7 anggota saja, antara lain India, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Bhutan, Maladewa dan Sri Lanka.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More