Rauhanda Riyantama
Selebrasi penyerang mudah Benfica, Joao Felix saat cetak hattrick ke Eintracht Frankfurt dalam laga Liga Europa di Luz stadium. (CARLOS COSTA / AFP)

Bolatimes.com - Akademi sepak bola menjadi komponen penting terbentuknya para pemain top, di beberapa negara Eropa muncul akademi-akademi terbaik yang menghasilkan calon bintang masa depan.

Munculnya akademi sepak bola sebenarnya muncul karena dibutuhkan adanya regenerasi pemain, namun seiring itu dilakukan malah menjadi ladang bisnis.

Tak sedikit tim-tim Eropa yang meraup untung dari penjualan pemain akademi ini, bahkan ada yang terjual dengan memecahkan rekor transfer klub.

Baca Juga:
Menang Tipis, Bhayangkara FC Uji Mental Pemain Timnas Indonesia U-19

Namun tim manakah yang memiliki akademi sepak bola terbaik di dunia? Berikut 3 di antaranya akademi sepak bola yang dianggap berstatus demikian.

1. De Toekomst (Ajax Amasterdam)

Johan Cryuff, Wesley Sneijder, hingga era Frenkie de Jong menjadi bukti betapa hebatnya kualitas akademi Ajax Amsterdam di Eropa.

Baca Juga:
Jordi Amat Gabung JDT, Publik Kecewa: Tagar #StayInEurope Trending di Twitter

Jebolan akademi Ajax Amsterdam tak hanya jadi bagian klub-klub top Eropa, tetapi juga langganan di timnas Belanda.

Ajax secara rutin menjual para pemain bintangnya tanpa harus khawatir siapa yang bakal jadi pengganti atau penerus.

Karena hampir setiap tahun selalu ada beberapa pemain yang dipromosikan ke skuat utama, 2-4 pemain selalu masuk setiap tahunnya.

Baca Juga:
Dihajar Visakha FC, Teco Akui Bali United Hilang Konsentrasi

Setelah itu baru dijual ke klub lain, termasuk seperti Rafael Van der Vaart, Wesley Sneijder, Frenkie de Jong dan Mathhijs de Ligt.

2. Cobham (Chelsea)

Chelsea menjadi tim superior di kancah Eropa sejak kendali berada di tangan taipan Rusia, Roman Abramovich dan pembangunan infrastruktur jadi salah satu alasannya.

Baca Juga:
Hasil Piala AFC 2022: Bali United Dibantai Visakha FC, PSM Makassar Hajar Tampines Rovers

Dalam waktu singkat, Chelsea memiliki akademi bernama Cobham yang sudah menorehkan prestasi dengan dua kali juara Liga Champions kelompok umur.

Beberapa nama pemain produk akademi Chelsea ini seperti Reece James, Mason Mount, Tammy Abraham hingga Daniel Sturridge.

3. Benfica Juniors (Benfica)

Meski tidak sepopuler deretan akademi sepak bola di Inggris, Benfica Junior sangat lihai dalam mengelola keuangan dan ini patut diapresiasi.

Hanya dengan beberapa nama saja Benfica berhasil meraup lebih dari 300 juta euro, atas nama Ederson Moraes, Ruben Diaz, Bernardo Silva, Renato Sanchez dan Joao Cancelo.

Kontributor: Eko Isdiyanto
Load More