Rauhanda Riyantama
Elkeson saat membela Timnas China. (AHMED SHURAU / AFP)

Bolatimes.com - Naturalisasi pemain pernah dilakukan timnas China dalam membangun kekuatan besar sebagai tim di Asia, bukan nama sembarangan para pemain top pernah direkrut mereka.

Hobi naturalisasi pemain tak hanya dilakukan Indonesia dalam memperkuat tim nasional, China ternyata juga pernah melakukan hal sama.

Bahkan para pemain yang dinaturalisasi China bukan pemain sembarangan, artinya para pemain ini berlabel pemain top yang berkarier di level tertinggi kompetisi sepak bola.

Baca Juga:
Mengenang Aksi Shin Tae-yong Bela Korsel Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 1996

Setidaknya terdapat lima pemain yang pernah dinaturalisasi China, siapa saja mereka? berikut kelima pemain naturalisasi tersebut.

1. Tyias Browning

Mantan pemain Everton yang dinaturalisasi pertama kali oleh China setelah setelah bermain di Guangzhou Evergrande pada 2019.

Baca Juga:
Ondrej Kudela Terkejut Dapat Sambutan Meriah dari Ratusan Suporter Persija

Latar belakang Tyias Browning tidak sembarangan, ia pernah membela timnas Inggris kelompok umur mulai dari U-17, U-19 dan U-21.

Sebelum debut dengan timnas China pada 20 Mei 2020, pengalaman bermain di level tertinggi Liga Inggris tentu membuatnya menjelma sebagai pemain berharga China.

2. Elkeson de Oliveira Cardoso

Baca Juga:
Mengenal Fabio Vieira, Gelandang Anyar Arsenal Sang Raja Assist dari Portugal

Bermain di China sejk 2013 hingga 2022, Elkeson juga bermain untuk Guangzhou Evergrande dan pernah menjadi andalan Shanghai SIPG.

Pertama kali dipanggil memperkuat timnas China pada 2019 setelah proses naturalisasi selesai, Elkesen bahkan mendapatkan nama China, Ai Kesen.

Debut bermainnya terjadi pada 10 September 2019, pemain berusia 32 tahun kini sudah menorehkan 13 caps meskipun kini bermain untuk Gremio di Brasil.

Baca Juga:
Ondrej Kudela Tiba di Jakarta, Disambut Ratusan Jakmania

3. Nicholas Yennaris

Nicholas Yennaris mungkin menjadi satu-satunya pemain jebolan tim top yang sukses digaet China untuk memperkuat tim nasional.

Yennaris memang memiliki keturunan China di samping juga darah Yunani mengalir di dalam tubuhnya, timnas Inggris kelompok umur pernah diperkuatnya.

Di tahun 2019, Yennaris memperkuat BJ Guoan setelah direkrut dari Brentford dan sejak saat itu ia menjelma sebagai pemain andalan tim dan debut untuk timnas China pada 7 Juni 2022.

4. Aloisio dos Santos Goncalves

Aloisio berpindah kewarganegaraan dari Brasil menjadi China pada 2019, seiring itu namanya pun berganti dengan Luo Guofu.

Usianya saat ini menginjak 34 tahun, dan menjalani debut bersama timnas China pada 7 September 2021 dengan koleksi 5 caps serta satu gol.

5. Alan Douglas Borges de Carvalho

Dikenal dengan nama Alan Carvalho, sebelum dinaturalisasi pada 2015 ia lebih dulu bermain untuk sederet klub mentereng China.

Seperti Guangzhou Evergrande, TJ Tianhai dan BJ Guoan meskipun debut bersama tim nasional baru dirasakan pada 30 Mei 2021.

Hingga saat ini ia sudah mengoleksi 10 caps untuk timnas China dengan torehan tiga gol meski kini harus berstatus tanpa klub setelah dilepas timnya.

Kontributor: Eko Isdiyanto
Load More