Rauhanda Riyantama
Timnas Argentina juara Finalissima 2022 usai mengalahkan Italia 3-0. (AFP)

Bolatimes.com - Duel laga Finalissima 2022 mempertemukan Argentina melawan Italia yang digelar d Stadion Wembley pada Kamis (2/6/2022) dinihari WIB, tim Tango keluar sebagai pemenang usai kalahkan Gli Azzuri dengan skor 3-0.

Duel Finalissima 2020 mempertemukan jawara Euro 2020, Italia dengan juara Copa America 2021 yang berhasil direngkuh Argentina.

Finalissima merupakan buah dari kerja sama dua konfederasi sepak bola, UEFA yang mewakili Eropa dan Conmebol yang mewakili Amerika Selatan.

Baca Juga:
Beda saat Main di Klub, Momen Lionel Messi Tampil Menggila saat Argentina Hajar Italia 3-0

Menariknya hubungan kerja sama ini sudah terjalin sejak 1985, yang menampilkan dua pemenang dari masing-masing turnamen dalam konfederasi tersebut.

Munculnya Finalissima 2022 sebagai kelanjutan dari dua ajang yang sebelumnya lebih dulu dihelat, kerja sama UEFA dan Conmebol pada 1993 dan 1985.

Namun dalam dua ajang itu belum dinamakan dengan Finalissima, melainkan dinamai dengan pertandingan Artemio Franchi Cup.

Baca Juga:
Pelatih Bangladesh Bongkar Kunci Sukses Imbangi Timnas Indonesia

Akar ide pertandingan antara jawara Eropa dan Conmebol ini dari Intercontinental Cup, di tahun 1960 juara Conmebol Copa Libertadores (Penarol dari Uruguay) berhadapa dengan juara UEFA Champions Cup (Real Madrid, Spanyol).

Pertemuan dua klub juara dari dua konfederasi berbeda justru menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan selama 44 tahun dari 1960 hingga 2004.

Intercontinental Cup yang akhirnya selesai usai FIFA terlibat dengan menyelenggarakan turnamen sejenis dengan lebih banyak kontestan yakni klub juara seluruh konfederasi di dunia.

Baca Juga:
Dikalahkan Vietnam di FIFA Matchday, Pelatih Afghanistan: Mereka Pantas Menang

Edisi kedua Piala Artemio Franchi 1993 digelar di Stadion Jose Maria Minella, Argentina juga menjadi pemenang di ajang tersebut uai menang 5-4 atas Denmark dalam drama adu penalti.

Saat itu Argentina berstatus sebagai juara Copa America 1991 dan Denmark peraih gelar juara Euro 1992, sementara edisi perdana gelaran ini mempertemuka Prancis dan Uruguay.

Pertandingan yang saat itu digelar di Parc des Princes di tahun 1985, Prancis berstatus sebagai juara Euro 1984 sedangkan Uruguay berstatus sebagai juara Copa America 1983.

Baca Juga:
Mesut Ozil Berkunjung ke Indonesia, Media Jerman Kritik Sikapnya yang Kerap Foto dengan Politisi

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More