Rauhanda Riyantama
Yahya Ali Almula saat memimpin pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di semifinal SEA Games 2021. (Reuters/Antara)

Bolatimes.com - Di balik kekalahan timnas Indonesia U-23 dari Thailand pada semifinal SEA Games 2021, ada sosok Yahya Ali Almula wasit pemimpin laga yang memberi 3 kartu merah untuk skuat Garuda Muda.

Total empat kartu merah yang dikeluarkan Yahya Ali Almula dalam laga tersebut, tiga di antaranya untuk pemain timnas Indonesia U-23.

Momen ini mewarnai kekalahan timnas Indonesia U-23 dari Thailand dalam laga yang digelar pada Kamis (19/5/2022) di Stadion Thien Truong, Nam Dinh.

Baca Juga:
Selamatkan Everton dari Degradasi, Lampard Bangga Banget

Timnas Indonesia U-23 dipaksa mengakui keunggulan Thailand di babak tambahan, dengan skor akhir 0-1 sekaligus membuat langkah Garuda Muda di SEA Games 2021 terhenti.

Terlepas dari hasil, Yahya Ali Almula selaku wasit dalam laga tersebut yang berasal dari Uni Emirat Arab mencuri perhatian tersendiri.

Khususnya dari warganet Tanah Air setelah mengeluarkan empat kartu merah, satu di antaranya untuk pemain Thailand, William Gabriel.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal Voli Putra SEA Games 2021 Hari Ini: Indonesia Ditantang Kamboja

Sementara itu tiga lainnya untuk Ricky Kambuaya, Firza Andika dan Rachmat Irianto yang diberikan jelang pertandingan berakhir.

Firza Andika diusir dari lapangan usai melanggar pemain Thailand yang berkesempatan mencetak gol, sementara Ricky dan Rahmat karena protes berlebihan.

Tak pelak kepemimpinan wasit Yahya mendapat sorotan tajam, media sosial menjadi alat mengkritik pria asal Uni Emirat Arab itu.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Perolehan Medali SEA Games 2021: Indonesia Tertahan di Posisi Empat

Meskipun berstatus salah satu wasit elite di Uni Emirat Arab, latar belakang Yahya sebenarnya merupakan wasit dengan lisensi kompetisi kontinental dan internasional.

Dilansir dari laman resmi Transfermarkt, Yahya sudah mencatatkan 51 memimpin pertandingan di semua kompetisi sejak 1984.

Untuk kompetisi domestik khususnya di UEA Pro League, sebanyak 46 pertandingan dipimpin Yahya dan total kartu yang dikeluarkan mencapai 188 kartu kuning dengan 4 kartu merah.

Baca Juga:
Jadwal Bulu Tangkis SEA Games 2021 Hari Ini: 9 Wakil Indonesia Tampil di Perempatfinal

Meski begitu, duel timnas Indonesia U-23 melawan Thailand di semifinal SEA Games 2021 menjadi debut Yahya memimpin laga di kawasan Asia Tenggara.

Namun Yahya juga pernah memimpin laga Laos melawan Mongolia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 dan berhasil mengeluarkan lima kartu kuning dengan satu penalti. 

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More