Minggu, 29 Mei 2022
Rauhanda Riyantama : Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Berikut ini deretan gol tendangan bebas paling fenomenal sehingga mampu membuat penikmat sepak bola terpesona dan terbayang.

Mencetak gol bisa dilakukan beragam cara, baik itu melalui situasi Open Play maupun situasi Set Pieces atau bola mati.

Mencetak gol melalui situasi Open Play bisa dilakukan dengan cara mengembangkan permainan dan kemudian diakhiri dengan gol.

Sedangkan mencetak gol melalui Set Pieces bisa dilakukan dengan beragam cara, seperti tendangan bebas, penalti ataupun sepak pojok.

Dari setiap skema mencetak gol yang ada, proses gol yang paling sulit diciptakan oleh seorang pemain adalah mencetak gol melalui tendangan bebas langsung atau Direct Free Kick.

Kesulitan mencetak gol tendangan bebas langsung bisa dilihat dari skemanya, di mana untuk mencetak gol itu, seorang pemain harus bisa melepaskan bola melewati pagar betis dan mengarah ke gawang.

Sehingga dalam perjalanannya, tak banyak pemain bisa mencetak gol dari tendangan bebas langsung atau Direct Free Kick jika tak dibekali teknik tertentu.

Meski dirasa sulit, banyak gol yang pernah tercipta dari skema tendangan bebas langsung. Bahkan beberapa di antaranya terbilang fenomenal dan dikenang sebagai tendangan bebas terbaik dalam sejarah sepak bola.

Berikut deretan tendangan bebas fenomenal yang paling dikenang penikmat sepak bola.

9. Cristiano Ronaldo (Portugal vs Spanyol 2018)

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Cristiano Ronaldo mencetak gol tendangan bebas indah yang membuat Portugal terhindar dari kekalahan saat melawan Spanyol di laga pembuka grup B.

Gol tendangan bebas itu dibuat Cristiano Ronaldo di menit-menit akhir waktu normal, sehingga membuat kedudukan menjadi 3-3. Hebatnya, gol tendangan bebas itu membuatnya mencetak Hattrick di laga tersebut.

8. David Luiz (Brasil vs Kolombia 2014)

Pada edisi Piala Dunia 2014, sebuah tendangan bebas indah tercipta kala Brasil melawan Kolombia. Adalah David Luiz yang mencetak gol berkelas itu.

Gol tersebut dicetaknya dari jarak yang cukup jauh. Bola sepakannya melambung dan menukik sehingga merobek jala Kolombia dan membuat Brasil melangkah ke semifinal.

7. David Beckham (Inggris vs Yunani 2001)

Pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, maestro bola mati, David Beckham, mencetak gol tendangan bebas indah kala Inggris berhadapan dengan Yunani.

Saat itu, Beckham mencetak gol tendangan bebas ini di masa Injury Time yang lantas membuat laga berkesudahan 2-2 dan membuat Inggris melangkah ke putaran final Piala Dunia.

6. Shunsuke Nakamura (Glasgow Celtic vs Man United 2006)

Pemain asal Jepang, Shunsuke Nakamura, membuat penikmat bola di seluruh dunia kagum usai mencetak gol tendangan indah di babak grup Liga Champions kala timnya, Celtic, berhadapan dengan Man United

Nakamura melepaskan tendangan melengkung dengan kaki kirinya yang gagal dijangkau Edwin van der Sar. Gol tendangan bebas itu bahkan masuk dalam daftar 60 gol terbaik dalam sejarah Liga Champions.

5. Hakan Calhanoglu (Hamburg SV vs Bayer Leverkusen 2014)

Mencetak gol tendangan bebas langsung dari jarak hampir setengah lapangan bukanlah perkara mudah. Tapi Hakan Calhanoglu berhasil melakukannya pada 2014 silam.

Calhanoglu berhasil melakukannya saat timnya, Hamburg SV, berhadapan dengan Bayer Leverkusen. Menggunakan teknik Knuckle Shot, bola hasil sepakannya berhasil meluncur deras dan menghujam gawang lawan.

4. Lionel Messi (Barcelona vs Espanyol 2019)

Nama Lionel Messi abadi sebagai salah satu eksekutor bola mati terbaik di dunia sepak bola. Salah satu karyanya dalam mengeksekusi bola mati yakni kala mencetak gol tendangan bebas langsung ke gawang Espanyol.

Dari jarak yang dekat dengan kotak 16, Messi melepaskan tendangan bebas dengan teknik Panenka. Tak disangka, bola hasil sepakannya meluncur ke gawang tanpa bisa dihalau bek maupun kiper lawan.

3. Juninho Pernambucano (Olympique Lyon vs Barcelona 2009)

Liga Champions juga banyak dihiasi gol-gol berkelas. Salah satunya tendangan bebas dari maestro bola mati asal Brasil, Juninho Pernambucano.

Hal ini terjadi saat Lyon berhadapan dengan Barcelona di leg pertama babak 16 besar. Kala itu, Juninho melepaskan tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Barcelona, dan membuat Victor Valdes kala itu mati kutu dan terjatuh di dalam gawangnya sendiri.

2. Ronaldinho (Brasil vs Inggris 2002)

Piala Dunia selalu menghadirkan gol berkelas di setiap perhelatannya. Salah satunya saat Ronaldinho mengenalkan dirinya ke dunia lewat gol tendangan bebas saat Brasil bertemu Inggris.

Ronaldinho mencetak gol tendangan bebas dari jarak cukup jauh. Secara cerdik ia melepaskan tembakan ke gawang, karena melihat posisi kiper Inggris, David Seaman, yang terlalu maju.

1. Roberto Carlos (Brasil vs Prancis 1997)

Dari seluruh tendangan bebas indah yang tercipta, tak ada yang mengalahkan gol tendangan bebas yang dibuat oleh Roberto Carlos.

Gol tendangan bebas ini dibuat Roberto Carlos kala Brasil berhadapan dengan Prancis. Ia melepaskan sepakan dengan kaki bagian luar dari jarak 35 meter.

Saat itu, bola hasil sepakannya melengkung melewati samping pagar betis dan menghujam gawang Prancis yang dikawal Fabien Barthez.

Saking indahnya, gol tendangan bebas Roberto Carlos pun membuat fisikawan beramai-ramai melakukan penelitian terhadap jalur lintasan bola hasil sepakannya.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

BACA SELANJUTNYA

6 Catatan Buruk Manchester United di Musim 2021/2022, Nomor 1 Miris Banget