Irwan Febri Rialdi
Erling Haaland borong dua gol saat Borussia Dortmund kalahkan Greuther Fuerth 3-0. (INA FASSBENDER / AFP)

Bolatimes.com - Opsi Formasi Pep Guardiola untuk Manchester City Bersama Erling Haaland

 

Bolatimes.com – Sejumlah opsi formasi untuk Manchester City patut dipertimbangkan apabila mereka berhasil mendatangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste, Asnawi Mangkualam Cadangan

Prediksi formasi ini mencuat seiring menguatnya rumor kedatangan Erling Haaland ke Manchester City pada bursa transfer yang akan datang.

Rumor tersebut pertama kali dilontarkan oleh jurnalis The Athletic, David Ornstein, melalui akun media sosialnya pada Senin (9/5/2022).

David menyebut bahwa pihak Borussia Dortmund dan Manchester City telah mencapai kesepakatan untuk mewujudkan transfer Erling Haaland.

Baca Juga:
Jadwal SEA Games 2021 Hari Ini: Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste, Myanmar vs Filipina

Kabarnya, Haaland akan diumumkan sebagai rekrutan baru The Citizens pada akhir pekan ini. Jika itu benar terjadi, maka sektor lini depan Man City bakal semakin mengerikan.

Sebab, Haaland bakal menjadi tumpuan gol tim asuhan Pep Guardiola di lini depan. Setidaknya ada beberapa opsi formasi yang bisa digunakan bersama Erling Haaland.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga opsi formasi yang bisa digunakan Manchester City andai mampu menggaet Erling Haaland.

Baca Juga:
Profil Kunlavut Vitidsarn, Tunggal Putra Thailand yang Kalahkan Anthony Ginting

1. Skema 4-1-4-1

Skema ini bisa diterapkan Pep Guardiola apabila Manchester City menerapkan skema defensif. Pasalnya, lima pemain di lini tengah akan fokus membantu pertahanan.

Oleh karena itu, Erling Haaland jelas harus bekerja ekstra keras. Apalagi, pemain asal Norwegia ini akan mendapatkan ruang yang cukup luas untuk dieksplorasi dengan skema semacam ini.

Baca Juga:
Cedera Berat, Kondisi Terkini Sandy Walsh Diungkap Exco PSSI

2. Skema 4-1-2-3

Jika skema sebelumnya cenderung defensif, maka formasi kali ini akan lebih mengedepankan sektor ofensifnya.

Sebab, ada dua gelandang serang yang akan menopang lini tengah. Tampaknya, posisi ini bakal diberikan kepada Bernardo Silva dan Kevin de Bruyne.

Keduanya bakal mengalirkan bola ke tiga pemain di lini serang. Untuk posisi sembilan jelas menjadi milik Erling Haaland.

Dia nantinya akan mendapatkan servis dari sayap-sayap berkualitas seperti Phil Foden, Raheem Sterling, hingga Riyad Mahrez,

3. Skema 4-3-3

Salah satu formasi yang paling menjadi favorit Pep Guardiola di Manchester City ialah skema 4-3-3. Ini semacam jadi skema baku bagi mantan juru taktik Barcelona itu.

Jika mampu merekrut Erling Haaland, maka Pep Guardiola dipastikan mengubah pendekatannya dalam menggunakan skema 4-3-3.

Pasalnya, sebelumnya Pep selalu menggunakan skema false-nine mengingat minimnya stok pemain nomor sembilan di skuad The Citizens.

Dengan skema ini, Haaland bakal dipasang sebagai ujung tombak. Ia bisa diapit sejumlah sayap berkualitas milik Man City seperti Raheem Sterling, Riyad Mahrez, Jack Grealish, hingga Phil Foden.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More