Rauhanda Riyantama
Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai cetak gol ke galant Norwich City. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut tiga klub yang paling sering melakukan comeback atau berbalik unggul saat tertinggal dari lawan-lawannya di suatu pertandingan

Istilah comeback dalam sepak bola merupakan salah satu istilah sakral yang berkaitan dengan mental bertanding sebuah tim.

Sebuat tim bisa melakukan comeback karena mental juara atau mental tak mau kalah yang dimiliki oleh para penggawanya.

Baca Juga:
Manchester City Hajar Brighton 3-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Sebagai contoh adalah laga Real Madrid vs Chelsea di semifinal leg kedua Liga Champions 2021-2022 lalu. Kedua tim bermental juara ini menampilkan aksi Comeback sebanyak dua kali dalam 120 menit permainan.

Dalam duel di Santiago Bernabeu itu, Chelsea lebih dulu menunjukkan mental juara dengan mencetak tiga gol yang membuat agregat menjadi 4-3 bagi keunggulan The Blues.

Namun, Real Madrid membalas keunggulan agregat Chelsea dengan dua gol dari Rodrygo dan Karim Benzema di menit akhir waktu normal dan masa Extra Time.

Baca Juga:
Arsenal Bantai Chelsea 4-2, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Berkaca dari pertandingan itu, kedua tim benar-benar menunjukkan mental untuk bisa melakukan Comeback. Hanya saja, Real Madrid menjadi yang terbaik dalam aksi Comeback ini.

Di sepak bola Eropa, hanya ada tiga klub yang terbilang kerap melakukan Comeback di laga-laga krusial dan momen-momen genting.

Klub mana sajakah itu? Berikut rangkumannya.

Baca Juga:
Hasil Liga Prancis: PSG di Ambang Raih Gelar ke-10 usai Hajar Angers 3-0

1. Manchester United

Selebrasi penyerang Manchester United, Anthony Elangan saat bobol gawang Leeds United. (PAUL ELLIS / AFP)

Manchester United dikenal sebagai salah satu tim yang sering Comeback, terutama saat masih ditukangi oleh Sir Alex Ferguson.

Di tangan pelatih asal Skotlandia itu, Man United identik dengan Fergie Time yakni kebiasaan The Red Devils mencetak gol di masa Injury Time atau akhir pertandingan.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol: Real Madrid Selangkah Lagi Juara usai Tundukkan Osasuna 3-1

Di kancah liga, Man United terhitung sudah 11 kali melakukan Comeback. Hanya saja, Comeback yang paling dikenang mungkin adalah saat melawan Bayern Munich di final Liga Champions 1998-1999.

Saat itu, Man United telah tertinggal satu gol dan mampu membalas dua gol ke gawang Bayern Munich di menit-menit akhir dan membuat Setan Merah menjadi kampiun.

2. Real Madrid

Para pemainReal Madrid merayakan gol Karim Benzema dalam pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions lawan Chelsea pada 13 April 2022. ANTARA/REUTERS/JUAN MEDINA

Laga melawan Chelsea di leg kedua lalu bukanlah kali pertama Real Madrid melakukan Comeback di kancah Liga Champions.

Di babak sebelumnya atau babak 16 besar, Real Madrid juga melakukan Comeback apik dengan menang agregat 3-2 atas Real Madrid.

Bahkan teranyar, Real Madrid juga melakukan Comeback dan menang 3-2 di kancah La Liga Spanyol saat berjumpa Sevilla pada Senin (18/4).

Sejak berdiri dan berpartisipasi di La Liga Spanyol, Real Madrid tercatat telah melakukan Comeback sebanyak 9 kali.

3. Bayern Munich

Robert Lewandowski cetak gol lewat penalti saat Bayern Munich kalahkan RB Salzburg 7-1. (CHRISTOF STACHE / AFP)

Bayern Munich tak hanya jadi sasaran Comeback, melainkan juga jadi pelakunya. Terlebih saat klub berjuluk The Bavarian ini tampil di kancah domestik seperti Bundesliga Jerman.

Total sudah 8 kali Bayern Munich melakukan Comeback, dari posisi tertinggal dan berbalik unggul serta membawa tiga poin.

Di kompetisi domestik, FC Koln menjadi korban Comeback terbanyak Bayern Munich yakni sebanyak dua kali.

Comeback terbaik Bayern Munich mungkin terjadi di Bundesliga pada 2015 silam, Wolfsburg yang unggul satu gol, mampu dibalas lima gol oleh Robert Lewandowski dalam waktu 9 menit saja.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More