Rauhanda Riyantama
Timnas Futsal Indonesia saat menghadapi Malaysia di Piala AFF Futsal 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Termasuk Timnas Futsal Indonesia, sebanyak 9 negara sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia Fustal 2022 yang digelar pada 25 September - 20 Oktober 2022 di Kuwait.

Kuwait menjadi negara pertam yang memastikan diri berlaga di Piala Asia Fustal 2022 mengingat statusnya yang merupakan tuan rumah di ajang ini.

Kualifikasi Piala Asia Fustal 2022 zona Asia Barat tak hanya memastikan Kuwait yang lolos ke putaran final, melainkan juga ada Lebanon dan Arab Saudi.

Baca Juga:
Media Vietnam Khawatir dengan Misi Balas Dendam Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Posisi satu dan dua grup B ditempati Irak serta Bahrain, sementara tim yang menempati posisi ketiga di masing-masing grup harus bertemu di playoff.

Yakni Oman dari grup A dan Uni Emirat Arab dari grup B, hasilnya pun mengejutkan Oman memetik kemenangan di kandang Uni Emirat Arab dengan skor 5-3.

Catatan itu membawa Oman lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2022, sementara terdapat 3 wakil dari zona Asia Tenggara, Thailand, Indonesia dasn Vietnam.

Baca Juga:
Aksi Evan Acungkan Jari Tengah dan Protes Keras kepada Wasit, Garang di Kandang Lawan

Masing-masing tim menduduki peringkat kesatu, dua dan tiga di Piala AFF Futsal 2022, sementara masih tersisa tujuh slot setela 9 tim memastikan lolos.

Sebanyak empat slot berasal dari zona Asia Tengah dan Selatan dan tiga slot lainnya dari zona Asia Timur.

Iran yang tampil di zona Asia Tengah dan Selatan sudah membuka kualifikasi dengan hasil manis usai menggulung Maladewa dengan skor 17-0.

Baca Juga:
Evan Soumilena Jadi Sorotan usai Acungkan Jari Tengah, Coach Justin Ikut Pasang Badan

Iran tergabung dalam Grup A bersama Turkmenistan, Kirgistan dan Maladewa, sementara Grup B ditempati Uzbektistan, Afghantistan, Tajikistan dan Nepal.

Peringkat satu dan dua masing-masing grup akan lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2022, pun demikian dengan zona Asia Timur.

Grup A diisi Jepang, China dan Mongolia sementara Grup B ditempati Taiwan, Korea Selatan dan Hong Kong, juara grup akan otomatis lolos putaran final Piala Asia Futsal 2022.

Baca Juga:
Beberkan Kriteria Pemain Baru PSS Sleman, Seto Nurdiantoro: Sesuai Dana dari Manajemen

Siapa saja yang bakal lolos menyusul Indonesia? semua hasil akan diketahui pada Jumat (15/4/2022), berikut 9 tim yang sudah lolos ke Piala Asia Futsal 2022.

1. Kuwait

2. Arab Saudi

3. Lebanon

4. Bahrain

5. Irak

6. Oman

7. Thailand

8. Indonesia

9. Vietnam

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More