Husna Rahmayunita
Timnas Prancis Piala Dunia 2018 (AFP)

Bolatimes.com - Sejak pertama kali digelar tahun 1930 di Uruguay, Piala Dunia sudah memiliki beberapa negara langganan. tak pernah absen dalam ajang empat tahunan dunia sepak bola ini.

Brasil memiliki koleksio lima gelar juara Piala Dunia dan menjadi yang terbanyak di antara negara peserta lainnya hingga saat ini.

Selain itu Brasil juga memiliki status sebagi salah satu tim yang tak pernah absen di gelaran Piala Dunia sejak dimulai di 1930 Uruguay.

Baca Juga:
Krisis Pemain, Ipswich Town Tak Lepas Elkan Baggott ke TC Timnas Indonesia U-23

Meski begitu, ada beberapa negara lain yang ternyata juga memiliki status sama dengan Brasil yakni tak pernah absen dari gelaran empat tahunan ini.

Berikut beberapa negara yang belum pernah absen alias menjadi langganan turnamen bengengsi sepak bola dunia.

1. Brasil

Baca Juga:
Diincar Sejak Januari Lalu, Pemain Keturunan Timor Leste Resmi Direkrut Liverpool

Neymar mengeksekusi penati saat membawa Timnas Brasil menang 2-0 atas Ekuador dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. (SILVIO AVILA / AFP)

Bukan tanpa alasan mengapa Brasil memiliki koleksi trofi terbanyak Piala Dunia hingga saat ini, Tim Samba merupakan negara langganan di ajang ini.

Brasil berhasil menjuarai Piala Dunia edisi 1958, 1970, 1994 dan 2002, sejak pertama kali turnamen ini digelar Brasil sudah berpartisipasi sebanyak 22 kali.

2. Jerman

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Futsal Indonesia vs Myanmar, Tim Garuda Menang Telak

Selebrasi pemain timnas Jerman Serge Gnarby (kanan) usai cetak gol lawan Rumania dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup J zona Eropa di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman pada 9 Oktober 2021. ANTARA/REUTERS/FABIAN BIMMER

Jerman hanya kalah satu kali dari perolehan gelar juara Piala Dunia milik Brasil, namun negara ini juga tak pernah absen dari gelaran empat tahunan ini.

Tim nasional Jerman sudah mengoleksi gelar juara edisi 1954, 1966, 1974 dan di tahun 1991 serta 1990 Jerman sempat berbagi bagian barat dan timur.

3. Argentina

Baca Juga:
Daftar 29 Wakil Indonesia di Thailand Open 2022, Ada Jonatan Christie hingga Minions

Timnas Argentina. (Silvio Avila/AFP).

Menjadi pesaing dari Brasil di gelaran Piala Dunia dan sama-sama dari Amerika Selatan, Argentina termasuk negara yang tak pernah absen di ajang ini.

Dengan koleksi dua gelar juara, Argentina tercatat sudah mengoleksi 18 kali kesempatan di Piala Dunia.

4. Prancis

Aksi Alphonse Areola menyelamatkan gawang timnas Prancis saat melawan Jerman di UEFA Nations League (AFP)

Juara Piala Dunia edisi 2018 di Rusia ini juga tak pernah absen di gelaran empat tahunan turnamen akbar sepak bola dunia. Prancis juga merupakan salah satu tim terkuat Eropa, total sudah mencatatkan sebanyak 16 penampilan di ajang Piala Dunia.

Dua kali di antaranya berhasil meraih gelar juara dan salah satunya ketika menjadi tuan rumah di Piala Dunia 1998.

5. Inggris

Selebrasi bek Timnas Inggris, Luke Shaw usai cetak gol cepat lawan Italia di final Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)

Eropa tak hanya memiliki tim kuat Prancis, Inggris meskipun belum meraih gelar juara di ajang ajang ini masih patut diperhitungkan.

Selain itu Inggris juga merupakan tim yang tak pernah absen di Piala Dunia sejak turnamen ini pertama kali digelar. Total tim berjuluk The Three Lions ini sudah mencatatkan 16 kesempatan berlaga di berbagai edisi Piala Dunia.

Itulah deretan tim yang tak pernah absen mentas di Piala Dunia.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More