Rauhanda Riyantama
Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic masuk sebagai pemain pengganti dalam laga Serie A kontra Lazio di San Siro, Minggu (12/9/2021). [AFP]

Bolatimes.com - Berikut ini tiga pesepak bola yang bisa bermain atau membela lebih dari tiga negara di panggung sepak bola Internasional.

Sepak bola internasional menawarkan kemudahan bagi para pemainnya untuk merasakan bagaimana mengenakan seragam tim nasional.

Kemudahan ini bisa dilihat dari kriteria yang diberikan. FIFA, selaku induk sepak bola dunia, mengizinkan seorang pemain mewakili negara.

Baca Juga:
Amunisi Baru, Persebaya Surabaya Gaet Jebolan Garuda Select Andre Oktaviansyah

Pemain bisa mewakili negara manapun asalkan negara itu tempat di mana orang tua atau kakek nenek mereka dilahirkan.

Dengan banyaknya pernikahan antar ras atau antar negara di masa silam, banyak pemain saat ini yang bisa membela negara asal leluhurnya.

Sebagai contoh adalah Matty Cash. Pemain bernama lengkap Matthew Stuart Cash ini lahir dan tumbuh besar di Inggris.

Baca Juga:
Profil Andhika Ramadhani, Penjaga Warkop yang Kini Jadi Kiper Timnas Indonesia U-23

Namun, ia saat ini membela tim nasional Polandia, karena sosok ibunya yang asli orang Polandia. Alhasil, pada 2021 silam dirinya mendapat paspor dari asal negara ibunya itu.

Belakangan, karena adanya aturan tersebut dan banyaknya pernikahan antar ras seketika membuat banyak pemain yang kini bisa membela lebih dari dua negara di pentas internasional.

Setidaknya ada tiga pemain yang bisa membela tiga negara dalam karier sepak bolanya di panggung dunia. Siapa saja pemain tersebut?

Baca Juga:
Profil Arnaut Danjuma, Pahlawan Villarreal saat Kalahkan Bayern Munich

3. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic berduel kepala dengan Gary Medel. (Miguel Medina/AFP)

Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu pemain yang punya nama besar di sepak bola. Dia tercatat pernah membela tim-tim papan atas di berbagai kompetisi.

Hanya saja, di panggung sepak bola internasional Ibrahimovic memilih membela Swedia, negara yang ia tempati sejak kecil.

Baca Juga:
Profil Timnas Futsal Myanmar, Calon Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF Futsal 2022

Padahal dirinya punya kesempatan membela Bosnia karena sang ayah, Sefik Ibrahimovic dan Kroasia karena sang ibu, Jurka Gravic.

Sefik Ibrahimovic dan Jurka Gravic sendiri merupakan imigran yang datang ke Swedia. Keduanya menikah di Swedia sehingga lahirlah Ibrahimovic, sebelum keduanya bercerai.

2. Robert Pires

Robert Pires dan Claude Makalele saat laga Arsenal vs Chelsea 2005. (AFP/Adrian Dennis)

Pendukung Arsenal tentu tak lupa dengan sosok Robert Pires. Pemain berkebangsaan Prancis ini merupakan salah satu pemain yang membawa The Gunners meraih kesuksesan.

Kesuksesan juga mampir baginya di pentas internasional, saat Pires membela Prancis yakni dengan menjuarai Piala Dunia 1998 dan Euro 2000.

Hanya saja, Pires sejatinya tetap bisa merengkuh sukses bersama negara lainnya, mengingat sang ayah berasal dari Portugal dan ibu merupakan orang Spanyol.

Meski demikian, Pires saat muda memutuskan membela Prancis karena ia lebih mengenal kultur negara tersebut dan tumbuh berkembang di dalamnya.

1. Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang bersama pemain Barcelona selebrasi usai bungkam Napoli 4-2 di Liga Europa, Kamis (25/2/2022) malam. (AFP/Andreas Solaro)

Pierre-Emerick Aubameyang sejatinya juga bisa membela tiga negara di panggung internasional, jika dilihat dari silsilah keluarga dan perjalanan hidupnya.

Aubameyang sendiri saat ini tercatat sebagai pemain timnas Gabon, yang merupakan negara yang dibela sang ayah semasa masih bermain.

Padahal, Aubameyang sendiri bisa saja membela Prancis karena ia lahir di negara itu, atau membela Spanyol di mana dirinya memegang paspor tersebut karena keluarga besarnya.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More