Rauhanda Riyantama
Jack Grealish cetak gol saat Inggris melumat Andorra 5-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. (LIONEL BONAVENTURE / AFP)

Bolatimes.com - Bukan hal baru jika pesepak bola kelas dunia memilih pindah negara, banyak alasan yang melatar belakangi mereka melakukan hal tersebut.

Kebanyakan alasan pemain top memilih ganti negara biasanya karena ingin bermain untuk tim nasional, terlepas dari performa mereka di klub.

Bermain untuk tim nasional memang memiliki banyak keuntungan, selain dari sisi pribadi sang pemain yang mendapatkan kebanggaan tersendiri.

Baca Juga:
Hasil Drawing SEA Games 2021: Timnas Indonesia vs Vietnam Jadi Laga Pembuka

Berikut ini beberapa pemain yang memutuskan pindah kewarganegaraan.

1. Jack Grealish

Aksi Jack Grealish mencetak gol perdana di Manchester City. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Siapa sangka jika Jack Grealish ternyata tak hanya menarik minat timnas Inggris agar mendapatkan jasanya.

Baca Juga:
Ditahan Imbang Timnas Futsal Indonesia, Pelatih Thailand: Mereka Menyebabkan Banyak Masalah

Nama Jack Grealish naik ke permukaan saat ia membela Aston Villa dan tampil luar biasa, namun pengorbanan besar pernah dilakukan Jack.

Dua kali panggilan timnas Republik Irlandia ia tolak, dengan alasan hanya untuk fokus dengan karier di klubnya saat masih merintis karier.

Namun, kejutan diberi Jack saat tiba-tiba bermain untuk timnas Inggris di level internasional resmi, rupa-rupanya sang pemain merupakan kelahiran Birmingham.

2. Ivan Rakitic

Dua tim nasional pernah dibela Ivan Rakitic, eks gelandang Barcelona ini pernah bermain untuk timnas Swiss junior.

Namun saat memasuki level senior, Ivan Rakitic justru bermain untuk timnas Kroasia setelah saat itu bakatnya menarik minat Slaven Bilic.

Kualitas Rakitic ditunjukkan saat Piala Dunia 2018, di mana ia sukses membawa Kroasia melaju hingga partai final ajang empat tahunan yang digelar di Rusia itu.

3. Diego Costa

Diego Costa (Sumber: Twitter)

Dilema pernah dirasakan Diego Costa di tahun 2013, setelah saat itu mantan pemain Atletico Madrid ini mendapat panggilan dua tim nasional sekaligus, Brasil dan Spanyol.

Diego Costa merupakan pemain kelahiran Brasil, tetapi juga memiliki kewarganegaraan Spanyol di bulan Juli tahun 2013 saat itu.

Meskipun pada akhirnya Costa memilih Spanyol sebagai negaranya dan menjadi bagian timnas Spanyol dalam beberapa tahun setelahnya.

4. Kalidou Koulibaly

Kalidou Koulibaly merupakan kapten timnas Senegal yang sukses membawa tim tersebut merengkuh gelar juara Piala Afrika 2021.

Siapa sangka bek setia Napoli ini pernah bermain untuk timnas Prancis di ajang Piala Dunia U-20. Namun ia memutuskan pindah kewarganegaraan dan memilih Senegal pada September 2015 silam.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

Pemain Barcelona Pierre-Emerick Aubameyang dan Pedri merayakan gol saat lawan Galatasaray di leg kedua Piala Europa di Ali Sami Yen Spor Kompleksi di Istanbul pada 17 Maret 2022 waktu setempat. (KEMAL ASLAN / AFP).

Karier mentereng Aubameyang sempat membuat Italia kepincut memasukannya ke dalam skuat tim nasional, meskipun eks pemain Arsenal ini kelahiran Prancis.

Aubameyang dikabarkan juga berhak membela tim nasional Spanyol setelah mendapatkan kewarganegaraan tersebut.

Meskipun pada akhirnya Aubameyang lebih memilih bermain untuk Timnas Gabon setelah mengetahui bahwa sang ayah menjadi kapten di tim tersebut.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More