Irwan Febri Rialdi
Cafu membentangkan hasil undian untuk Belgia di bawah tatapa Lothar Matthaus dalam acara pengundian grup putaran final Piala Dunia 2022 di Doha Exhibition & Convention Center, Doha, Qatar, 1 April 2022. (REUTERS/KAI PFAFFENBACH)

Bolatimes.com - Drawing Fase Grup Piala Dunia 2022 selesai diselenggarakan pada Jumat (1/4/2022) di Qatar, sejumlah fakta menarik pun muncul dari hasil pengundian babak awal turnamen empat tahunan.

Sejumlah tim-tim besar akan berjumpa di Babak Penyisihan Grup Piala Dunia 2022, yang paling disorot Grup E berisikan Jerman, Spanyol dan Jepang.

Selain itu Grup H Piala Dunia 2022 juga menghadirkan duel menarik antara Portugal, Uruguay, Ghana dan Korea Selatan.

Baca Juga:
Dua Grup Neraka di Piala Dunia 2022, Duel Panas Para Jawara Dunia

Terlepas dari itu, terdapat fakta menarik usai pengundian babak awal Piala Dunia 2022 Qatar ini, berikut di antaranya.

1. Perang Saudara

Potensi perang saudara antarnegara Britania Raya pada Grup B Piala Dunia 2022 Qatar, Inggris hanya tinggal menunggu pemenang antara Wales, Skotlandia dan Ukraina.

Baca Juga:
Segrup di Piala Dunia, Ingat Kembali Momen Handball Luis Suarez Vs Ghana

Ketiga negara tersebut bakal berduel di babak playoff memperebutkan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

2. Rekor Brasil

Brasil berada di dalam Grup G Piala Dunia 2022 Qatar bersama Serbia, Swiss dan Kamerun, tergolong grup yang mudah untuk peringkat satu FIFA.

Baca Juga:
Susul Carlos Fortes, Diego Michiels Pamit Tinggalkan Arema FC

Selain itu rekor mentereng juga dicatatkan Brasil yang akan mentas ke-22 kalinya di Piala Dunia, dengan status satu-satunya tim yang tidak pernah gagal lolos.

3. Duel Jawara

Sama-sama berstatus sebagai jawara dunia, Spanyol dan Jerman bakal berjumpa untuk kelima kalinya di ajang Piala Dunia.

Baca Juga:
Kriteria Pemain Asing Idaman Rans Cilegon FC untuk Liga 1

Rekor sementara untuk Jerman dengan dua kemenangan, pertemuan ketiga imbang dan laga terakhir di Piala Dunia 2010 dimenangi Spanyol lewat gol tunggal Charles Puyol.

4. Portugal Vs Uruguay

Duel Cristiano Ronaldo melawan Luis Suarez, aroma el clasico sedikit tercium di babak penyisihan Grup Piala Dunia 2022 Qatar.

Lebih dari itu, kedua tim akan berjumpa pada tiga edisi Piala Dunia secara berturut, setelah sebelumnya berjumpa di edisi 2016 dan 2018.

5. Duel Amerika Serikat Vs Iran

Untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1998, Amerika Serikat akan berjumpa kembali dengan Iran, selain itu duel ini juga akan kental dengan suasana politik.

Amerika Serikat juga akan berjumpa dengan Inggris untuk ketiga kalinya, setelah edisi 1950 untuk kemenangan AS dan imbang di dengan skor 1-1 di Piala Dunia 2010.

6. Prancis Vs Afrika

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi keenam kalinya Prancis akan menghadapi negara asal Afrika dalam tujuh edisi terakhir Piala Dunia.

Sebelumnya melawan Afrika Selatan pada 1998 dan 2010, lalu Senegal di 2002, Togo di 2006, Nigeria pada 2014 dan Tunisia di 2022.

Kontributor: Eko

Load More