Irwan Febri Rialdi
Skuat AS Monaco 2017. (Valery Hache/AFP).

Bolatimes.com - Terdapat beberapa hal unik di sepak bola, salah satunya sebuah tim yang berkompetisi di luar negara asal mereka.

Beberapa alasan mendasari keputusan ini, di antaranya ketidaksiapan suatu negara untuk menggelar kompetisi, finansial, keberadaan klub satelit, hingga keinginan merasakan kompetisi yang lebih kompetitif.

Tidak sedikit klub-klub yang bermain di luar negaranya mampu berprestasi dan menjadi salah satu klub kuat di dunia dengan sederet sejarah penting.

Baca Juga:
Kontrak Masih 1 Bulan, Arema FC Kecewa dengan Sikap Carlos Fortes

Lantas, klub terkenal mana saja yang bermain di luar negara mereka? Berikut ulasannya.

1. AS Monaco

AS Monaco dinilai sebagai salah satu klub sukses di Prancis. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan mereka merengkuh 8 title Liga Prancis dan sederet gelar domestik di Prancis lainnya.

Baca Juga:
Hasil Drawing Thomas dan Uber Cup 2022: Indonesia Masuk Grup Berat

Mantan klub Kylian Mbappe ini juga tercatat pernah menjadi runner-up Liga Champions di musim 2003/04. Uniknya, AS Monaco tidak berbasis di Prancis.

Klub yang identik dengan warna merah dan putih ini berasal dari negara kepulauan kecil di Eropa, Monaco. 

2. Toronto FC

Baca Juga:
Kepindahannya ke PSIS Disoal Arema FC, Carlos Fortes Singgung Aturan FIFA

Berbasis di kota Toronto, Kanada, nasib dari Toront FC tidak berbeda dengan klub NBA di kota ini, Toronto Raptors, yang mencari kompetisi lebih kompetitif di Amerika Serikat.

Toronto FC yang berdiri sejak 2005 memilih berkompetisi di Major League Soccer (MLS). Mereka tercatat memenangi satu trofi MLS Cup di tahun 2017.

3. Cardiff City

Baca Juga:
Daftar Lengkap Tim Liga 2 Musim Depan, Terbaru Persipura Jayapura

Didirikan sejak 1899, Cardiff City adalah klub sepak bola yang berbasis di Wales. Mereka sudah bermain di kompetisi Inggris sejak 1910.

Mereka menjadi satu-satunya klub di luar Inggris yang menjuarai Piala FA, tepatnya pada tahun 1927. Kompetisi profesional di Wales sendiri baru hadir pada 1991 sehingga sudah sangat terlambat untuk memulangkan Cardiff City untuk bermain di kompetisi negara asalnya.

4. Swansea City

Klub asal Wales lainnya yang berkompetisi di Inggris adalah Swansea City. Bahkan, mereka sempat menjadi wakil klub Inggris yang berkompetisi di Eropa usai menjadi kampiun Piala Liga Inggris 2012/13.

5. FC Andorra

Berasal dari negara kecil Andorra yang diapit oleh Prancis dan Spanyol, Andorra FC memilih untuk ikut berkompetisi di Spanyol.

Meski tak terbilang sebagai klub sukses, Andorra FC merupakan klub yang mengorbitkan Gerard Pique hingga kini menjadi andalan Timnas Spanyol dan Barcelona.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More