Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Korea Selatan U-19 Kim Eun-Jung. (dok KFA)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Korea Selatan U-19, Kim Eun-jung, sukses membawa anak asuhnya meraih kemenangan telak atas timnas Indonesia U-19 pada laga uji coba.

Dalam duel yang digelar di Auxiliary Stadium, Daegu, Jumat (25/3/2022) itu, Kim Eun-jung sukses membawa Korea Selatan U-19 menang tujuh gol tanpa balas atas timnas Indonesia U-19.

Kim Eun-jung sebetulnya menjadi salah satu junior Shin Tae-yong yang cukup bersinar seusai melanjutkan karier di dunia kepelatihan.

Baca Juga:
Sesumbar Ingin Kalahkan Shin Tae-yong, Kim Pan-gon Justru Dipermalukan Singapura

Sebab, selama menjadi asisten pelatih di skuad timnas Korea Selatan, Kim Eun-jung memiliki sejumlah prestasi yang cukup mentereng.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Kim Eun-jung serta perbandingan prestasinya dengan Shin Tae-yong di dunia kepelatihan.

Profil Kim Eun-jung

Baca Juga:
Sempat Ketar-ketir, Timnas Singapura Sukses Bungkam Malaysia 2-1

Kim Eun-jung merupakan mantan pesepak bola Korea Selatan yang posisi bermainnya sebagai striker tengah alias centre-forward.

Lelaki kelahiran Seoul, Korea Selatan, pada 8 April 1979, ini memiliki rekam jejak yang cukup panjang di dunia sepak bola Negeri Ginseng.

Sebelum terjun di dunia kepelatihan, Kim Eun-jung sempat bermain bersama sejumlah klub seperti Daejeon Citizen, FC Seoul, Gangwon FC, hingga Jeju United.

Baca Juga:
Percaya Proses, Presiden FIGC Tak Pecat Roberto Mancini usai Italia Gagal ke Piala Dunia 2022

Sementara itu, ia sempat bermain untuk Pohang Steelers, hingga akhirnya memutuskan pensiun bersama Daejeon Citizen pada tahun 2015

Sebetulnya, Kim Eun-jung juga sempat berkarier di luar negeri bersama klub Jepang, Vegalta Sendai, dan klub China, CS Ginde.

Karier kepelatihannya bermula ketika ditunjuk sebagai asisten pelatih di AFC Tubize (Belgia) yang membantu sejumlah pelatih kepala. Mulai dari Colbert Marlot, Regis Brouard, Thierry Goudet, William Salvadori, hingga Thierry Berghmans.

Baca Juga:
Bhayangkara FC vs Persija Imbang, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Pada tahun 2017, Kim Eun-jung dipanggil pulang oleh Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) untuk menjadi asisten pelatih timnas U-23.

Selama bertugas, ia sempat membantu sejumlah pelatih seperti Kim Hak-bun, Kim Gong-gol, hingga Hwang Sun-hong. Setidaknya, tugas sebagai asisten pelatih itu berlangsung selama empat tahun. Mulai dari tahun 2017 hingga akhir tahun 2017.

Sebab, dia sudah dipercaya untuk menjadi pelatih kepala di timnas U-19 Korea Selatan pada 2021. 

Salah satu kiprah paling sukses Kim Eun-jung selama menjadi asisten pelatih Korea Selatan ialah mengantarkan anak asuhnya meraih medali emas Asian Games 2018 dan juara Piala Asia U-23 2020.

Sebetulnya, pencapaian Kim Eun-jung sebagai asisten pelatih lebih mentereng ketimbang prestasi yang diperoleh Shin Tae-yong selama menjadi pelatih Korea Selatan.

Sebab, beberapa prestasi terbaik yang pernah diraih STY adalah menjadi runner-up Piala Asia U-23 2016 dan menjadi juara Piala EAFF pada 2017.

Namun demikian, Shin Tae-yong menjabat semuanya sebagai pelatih kepala, sedangkan Kim Eun-jung masih sebatas asisten pelatih.

Sebetulnya, Kim Eun-jung belum bisa disandingkan dengan Shin Tae-yong karena pelatih timnas Indonesia ini punya rekam jejak yang panjang di dunia kepelatihan.

Dia sempat mempersembahkan gelar juara di level klub, utamanya saat melatih Seongnam Ilhwa Chunma. Sementara di level timnas, Shin adalah sosok yang penting di balik kiprah Korsel di Piala Dunia 2018.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More