Irwan Febri Rialdi
Hector Bellerin. (Instagram/@ realbetisbalompie)

Bolatimes.com - Bek sayap kanan Real Betis, Hector Bellerin, menyampaikan kritik lantangnya kepada FIFA, UEFA, dan berbagai stakeholder sepak bola di dunia yang hanya fokus menyoroti konflik Rusia-Ukraina saja.

Menurut Hector Bellerin, FIFA dan UEFA malah memilih bungkam dengan konflik lainnya seperti, misalnya, pendudukan Israel atas Palestina.

“Sangat sulit untuk melihat bahwa kami lebih tertarik pada perang ini (Rusia-Ukraina) daripada yang lain,” kata Hector Bellerin dikutip dari Marca.

Baca Juga:
Perjalanan Karier Adilson Maringa, Kiper Arema FC yang Ngaku Tertarik Bela Timnas Indonesia

“Saya tidak tahu apakah itu karena (orang Ukraina) lebih mirip kita atau karena konflik dapat mempengaruhi kita secara langsung, baik secara ekonomi maupun membludaknya pengungsi,” lanjutnya.

Menurut Bellerin, hal ini merupakan sikap rasisme karena FIFA dan UEFA seolah-olah tutup mata dan mengabaikan konflik-konflik lainnya yang terjadi di dunia.

Hal ini juga menjadi cerminan bahwa mereka kurang empati atas hilangnya sejumlah nyawa karena konflik tersebut. 

Baca Juga:
Akhirnya Main Lagi, Bagus Kahfi Antar Jong Utrecht Kalahkan Timnas Australia U-23

“Perang Palestina telah sepenuhnya dibungkam, tidak ada yang membicarakannya. Yaman, Irak, sekarang Rusia, tidak bisa bermain di Piala Dunia adalah sesuatu yang telah dihadapi negara lain selama bertahun-tahun,” ujarnya.

Profil Hector Bellerin

Pemain dengan nama lengkap Hector Bellerin Moruno ini merupakan pesepak bola kelahiran Barcelona, Spanyol, pada 19 Maret 1995.

Baca Juga:
Asisten Pelatih Shin Tae-yong Tegaskan Laga Melawan Korea Selatan U-19 Tetap Berlangsung 2 Kali

Karier sepak bola Bellerin bermula bersama akademi Barcelona pada tahun 2003 saat usianya baru menginjak kurang lebih delapan tahun.

Setelah delapan tahun menimba ilmu bersama Barcelona, dia sempat pindah ke akademi Arsenal pada tahun 2011 ketika usianya 15 tahun.

Setelah empat tahun, Bellerin mendapatkan kontrak jangka panjang dari Arsenal pada 21 November 2016. Dengan kontrak ini, dia terikat dengan Arsenal hingga tahun 2022.

Baca Juga:
Ngetop Jadi Pawang Hujan MotoGP Mandalika, Mbak Rara Dapat Proyek Baru

Debutnya di ajang profesional tercipta ketika Arsenal bertandang ke markas West Brom pada September 2013 dalam ajang Piala Liga.

Meskipun demikian, Bellerin harus menjalani masa peminjaman terlebih dahulu setelah dipromosikan oleh Arsenal.

Klub pertama yang disinggahinya adalah Watford. Ketika itu, ia dipinjam dalam durasi dua bulan dan mencatatkan debut ketika menghadapi Yeovil Town.

Bersama Arsenal, ia sudah pernah meraih tiga kali gelar juara Piala FA yang direngkuh pada edisi 2014/2015, 2016/2017, dan 2019/2020.

Saat ini, Bellerin tengah menjalani peminjaman bersama Real Betis sejak direkrut pada 31 Agustus 2021. Ia terikat kontrak selama semusim penuh bersama klub asal Spanyol tersebut.

Sejak berusia muda, Bellerin memang sudah mengenyam pertandingan internasional bersama timnas Spanyol U-16 hingga U-21.

Sementara itu, debutnya bersama timnas senior baru tercipta pada tahun 2016 pada ajang uji coba melawan Bosnia dan Herzegovina.

Dua hari berselang, dia terpilih dalam daftar pemain timnas Spanyol untuk Euro 2016. Sayangnya, Bellerin tak sekalipun mencatatkan menit bermain pada ajang tersebut.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More