Jum'at, 19 Agustus 2022
Rauhanda Riyantama : Rabu, 23 Maret 2022 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Perkembangan jaman berdampak pada canggihnya teknologi dan menjalar pada dunia sepak bola, populernya Esports membuat klub-klub top dunia ikut meramaikan dengan tim bentukan mereka.

Esports menjadi bidang olahraga baru yang tengah digandrungi banyak orang dan semakin naik pamornya dalam beberapa tahun terakhir.

Seiring perkembangan dan kecanggihan teknologi yang mencoba merata menjangkau seluruh masyarakat, tak hanya di perkotaan tetapi juga di desa-desa.

Namun menariknya, perkembangan Esports di dunia olahraga ternyata menarik minak beberapa klub top sepak bola di dunia, seperti West Ham United hingga Paris Saint-Germain (PSG).

Berikut 10 daftar klub sepak bola top Eropa yang turut membentuk tim Esports dan memiliki divisi tersendiri di bidang olahraga kekinian itu.

1. Paris Saint-Germain

Klub kaya raya Prancis ini dikenal dengan tim mega bintang yang siap menyaingi klub-klub lain, termasuuk di dunia Esports.

PSG bekerja sama dengan Wibedia dan membentuk divisi Esports pada Oktober 2016 lalu, tim ini awalnya memiliki FIFA 17 dan League of Legends.

2. Sporting Lisbon

Sporting Lisbon akhirnya juara Liga Portugal setalah menunggu 19 tahun. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Mantan klub Cristiano Ronaldo ini menunjukkan keseriusan dalam menggeluti dunia Esports, salah satunya dengan merekrut Francesco 'Quinzas' Cruz.

Quinzas menjadi pemain Esports FIFA untuk Sporting Lisbon, selain itu mereka juga membentuk tim League of Legends dan beberapa game MOBA lainnya.

3. Schalke 04

Tak tanggung-tanggung, mantan klub Joel Matip ini bahkan menggaet tim Esports Element usai membentuk divisi Esports pertama pada Mei 2016.

Schalke 04 berfokus pada divisi FIFA dan League of Legends sama seperti kebanyakan tim lainnya.

4. Manchester City

Gelandang Manchester City, Jack Grealish (kedua dari kanan) berlari untuk merayakan gol keempat timnya dalam matchday pertama Grup A Liga Champions antara Manchester City vs RB Leipzig di Stadion Etihad, pada 15 September, 2021. (SCARFF / AFP)

Kekayaan berlimpah membuat Man City tak kesulitan untuk membentuk suatu tim Esports, hal itu sangat ditunjukkan secara serius.

The Citizen bahkan merektu Kieran 'Kez' Brown untuk tim FIFA mereka, tak heran mengapa Man City melakukan demikian demi menjaga citra klub tersebut.

5. Valencia

Valencia merupakan tim pertama sepak bola yang bisa dianggap paling serius mempersiapkan diri dengan tim Esports mereka.

Total memiliki empat divisi dalam Esports mereka, yakni Hearthstone, League of Legends, FIFA dan Rocket League.

Tak heran jika klub yang bermarkas di Stadion Mestalla ini sukses menorehkan prestasi yang membanggakan di dunia Esports profesional.

6. Ajax Amsterdam

Pada 2016 lalu, tim sepak bola langganan juara Liga Belanda ini memiliki tim Esports yang disegani banyak klub lain.

Legenda klub, Edwin van der Sar turut menjadi salah satu ikon yang menyerahkan jersey untuk pemain Esports divisi FIFA milik Ajax.

7. PSV Eindhoven

Menjadi pesaing bagi Ajax yang juga membentuk tim Esports pada 2016, PSV memulai debut di dunia Esports dengan mendirikan divisi FIFA 17.

Saat itu FIFA 17 memang menjadi salah satu Esports yang tengah digandrungi banyak penggemar sepak bola.

8. Santos

Mantan klub sepak bola yang pernah dibela Neymar hingga melambungkan namanya sampai direkrut Barcelona ini juga memiliki divisi Esports.

Santos sangat serius dalam pembentukan Esports, sampai-sampai melakukan merger dengan tim Dexterity untuk selanjutnya membentuk divisi Call of Duty dan League of Legends.

Selain itu juga Battlefield 4 dan Crossfire yang saat itu memang sedang digandrungi banyak masyarakat.

9. West Ham United

Gelandang serang West Ham United Pablo Fornals melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Olimpiade London, Inggris, Minggu (7/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Tony O'Brien)

West Ham United saat ini menjadi klub yang diperhitungkan di Liga Inggris, namun mereka tak hanya disegani di kompetisi domestik dan Eropa lewat sepak bola.

Akan tetapi juga memebentuk tim Esports, bahkan merekrut Sean 'Dragon' Allen yang bermain di divisi FIFA.

10. Galatasaray

Raksasa Turki ini bisa dibilang sedikit terlambat membentuk tim Esports, setelah Fenerbahce dan Besiktas lebih dulu melakukannya.

Pada 2016 lalu, Galatasaray membentuk tim Esports divisi League of Legends pada 2016 dengan nama Galatasaray Esport.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

BACA SELANJUTNYA

Jadwal Liga Inggris Pekan Ini: Ada Chelsea vs Tottenham, Liverpool vs Crystal Palace