Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia akan menghadapi Filipina dalam laga uji coba di Singapura, Rabu (23/2/2022) malam WIB. Jelang laga perdana itu, Kim Pan-gon dihantui catatan buruk Harimau Malaya.

Sebagaimana diketahui, Kim Pan-gon telah ditunjuk sebagai pelatih Malaysia menggantikan Tan Cheng Hoe yang gagal di Piala AFF 2020 lalu.

Pelatih asal Korea Selatan itu, kini tengah membangun tim. Salah satu upayanya ikut dalam seri turnamen mini dengan Filipina dan Singapura pada jeda internasioal Maret 2022 ini.

Baca Juga:
Daftar Pemain Korea Selatan U-19 yang Akan Hadapi Timnas Indonesia U-19, Ada 26

Kim Pan-gon telah memanggil beberapa pemain untuk menjalani pemusatan latihan. Kemudian mereka terbang ke Singapura yang menjadi tuan rumah turnamen mini tersebut.

Malaysia akan bertanding lebih dulu melawan Filipina. Jelang pertandingan ini, Kim Pan-gon dihantui catatan buruk skuad Harimau Malaya.

Dilansir dari laporan bharian.com.my pada Rabu (23/3/2022), sejak 2004 lalu, pelatih Malaysia selalu gagal mengantarkan timnya menang di laga perdana.

Baca Juga:
Profil Gian Zola, Eks Timnas Indonesia U-23 Calon Pemain Baru Persis Solo

Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Catatan ini bermula setelah era Bertalan Bicksei. Harimau Malaya yang kemudian dilatih oleh Norizan Bakar kalah di laga perdananya melawan Selandia Baru dengan skor tipis 1-0.

Setelah itu, Malaysia juga kalah di laga perdana era B Sathianathan. Mereka tumbang dari Bahrain pada 2007 di Kualifikasi Piala Dunia 2010.

Nasib sama juga dialami Rajagobal yang hanya seri melawan Kenya. Di era Onk Kim Swee, Harimau Malaya juga mencatatkan hasil imbang melawan Filipina.

Baca Juga:
Beda Suara soal Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia U-19 vs Korea Selatan U-19

Bahkan ketika Ong Kim Swee menangani Malaysia lagi, timnya kalah dari Arab Saudi. Catatan buruk ini juga dialami tiga pelatih Harimau Malaya lain.

Dollah Saleh kalah 4-1 dari Tajikistan pada 2014. Lalu Nelo Vingada tumbang atas Lebonon dan terakhir Tan Cheng Hoe yang hanya imbang melawan Mongolia.

Melihat rentetan hasil tersebut, Kim Pan-gon tentunya dihantui oleh rentetan hasil buruk Malaysia di laga perdana dengan pelatih baru. Akankah ia bisa memecahkan catatan minus itu? patut disaksikan di laga melawan Filipina nanti.

Baca Juga:
Hajar Timnas Indonesia U-19, Pemain Yeungnam University Ditraktir Makan Shin Tae-yong

Load More