Husna Rahmayunita
Pemain Rusia rayakan gol/Twitter

Bolatimes.com - Serangan invasi Rusia kepada Ukraina berdampak ke sendi olahraga. Sejumlah organisasi olahraga dunia melarang para atlet asal negara Beruang Merah tampil di kejuaraan.

Mengutip laporan Al Jazeera, setidaknya ada 5 organisasi yang melarang atlet Rusia mentas di gelanggang olahraga. Berikut rangkumannya:

1. Sepak Bola

Baca Juga:
Jadwal Bola Malam Ini: Chelsea, Liverpool hingga Juventus Main

FIFA dan UEFA sudah melarang tim nasional dan klub kompetisi asal Rusia untuk mentas. Penangguhan ini juga tak berujung karena dua organisasi itu akan melepas status pelarangan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Para Maret 2022, sejatinya Timnas Rusia akan berlaga di babak play-off Piala Dunia 2022. Hanya, lawan mereka yakni Polandia, menolak bertanding.

Dampak besar juga dialami Timnas Sepak Bola Wanita Rusia. Per Juli 2022, mereka akan mentas di Piala Eropa. Tapi, karena invasi itu, mereka kemungkinan tak akan berpartisipasi.

Baca Juga:
5 Pemain Berpotensi Jadi Mesin Gol Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

2. IOC

Komite Olimpiade Internasional alias IOC sudah mendesak penyelenggara ajang multievent olahraga untuk tak menyertakan atlet asal Rusia dan Belarusia di ajang internasional.

3. Tenis

Baca Juga:
Daftar 34 Pemain yang Dipanggil untuk TC Timnas Indonesia U-16 , Persija Kirim Wakil Terbanyak

Awal pekan ini, petenis asal Ukraina yakni Elina Svitolina akan berlaga menghadapi Anastasia Potapova. Namun demikian, Elina Svitolina menolak bertanding dengan alasan kuat.

Ya, Elina Svitolina ogah bertanding dengan atlet yang berasal dari Rusia atau Belarusia. Kebetulan, Potapova berasal dari Rusia.

4. Formula 1

Baca Juga:
Potensi Jadi Kampiun, Catatan Menawan Bali United Sapu Bersih Seri 4 Liga 1

Ajang Grand Prix F1 Rusia dijadwalkan mentas pada 25 September 2022. Namun, jadwal itu batal menyusul operasi militer Rusia ke Ukraina.

Pernyataan mengejutkan datang dari pembalap F1 yakni Max Verstappen dan Sebastian Vettel. Mereka kompak ogah mengaspal di Rusia

“Ketika sebuah negara berperang, tidak benar berlari ke sana,” kata Verstappen.

Vettel menambahkan: “Saya tidak akan pergi. Saya pikir balapan di negara ini salah.”

5. Bulu Tangkis

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi membatalkan semua turnamen yang diselenggarakan di Rusia dan Belarusia.

BWF juga melarang Rusia menjadi tuan rumah turnamen mendatang dengan bersurat: "sampai pemberitahuan lebih lanjut".

Tak hanya itu, BWF juga menekankan bahwa bendera dan lagu kebangsaan Rusia dan Belarusia dilarang dari semua turnamen BWF.

(Penulis: Kusuma Alan)

Load More