Rauhanda Riyantama
Para pemain PSG melakukan selebrasi usai Lionel Messi mencetak gol dalam pertandingan Grup A Liga Champions pada 8 Desember 2021. ANTARA/AFP/FRANCK FIFE.

Bolatimes.com - Penjualan jersey pemain dari sebuah klub adalah salah satu cara manajemen untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Yang paling untung tentu jika klub tersebut punya pemain berlabel bintang.

Pada 2021, setidaknya ada lima pemain dengan penjualan terbanyak. Dikutip dari sejumlah sumber, berikut nama-nama pemainnya.

5. Kylian Mbappe

Baca Juga:
Link Live Streaming Tira Persikabo vs PSS Sleman, Kick Off 15.15 WIB

Kiper Nantes, Alban Lafont saat menghalau Kylian Mbappe untuk cetak gol. (SEBASTIEN SALOM-GOMIS / AFP)

Bintang muda PSG, Kylian Mbappe menjelma menjadi ikon klub. Sejak bergabung dengan Les Parisiens dari AS Monaco, pemain 23 tahun ini sudah bermain di 204 laga dan mencetak 154 gol.

Selain membantu klub memenangi sejumlah trofi, Mbappe juga berkontribusi dalam penjualan jersey. Tahun lalu, PSG sukses menjual jersey Mbappe sebanyak 790 ribu dan tertinggi di antara pemain PSG lainnya.

4. Mohamed Salah

Baca Juga:
Termasuk Marc Klok, 3 Bintang Persib Bandung Absen Lawan Persela Lamongan

Mo Salah menjadi elemen penting buat Liverpool sejak ia berlabuh di Anfield. Sejauh ini, pemain Mesir ini sudah mencetak 17 gol dari 23 laga yang dilakoninya di Liga Inggris dan membuatnya jadi top skor sementara.

Setali tiga uang, Salah juga punya banyak fan yang loyal yang membeli jersey bertuliskan namanya. Tercatat, para pendukung Si Merah membeli jersey Salah sebanyak 816 ribu pasang.

3. Robert Lewandowski

Baca Juga:
Dipuji Marselino Ferdinan usai Jadi Pahlawan Persebaya, Samsul Arif: Makasih Teman Ngerjain PR

Pemain depan Bayern Munich asal Polandia, Robert Lewandowski melambai di atas panggung setelah dianugerahi penghargaan Striker of the Year pada upacara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP).

Tak ada yang meragukan kemampuan Lewandowski dalam mencetak gol. Pemain asal Polandia ini bahkan pernah mencetak rekor dengan menorehkan 41 gol dari 29 laga saja buat Bayern Munich.

Dampaknya, Lewandowski jadi pemain dengan persentase penjualan jersey terbanyak. Manajemen mencatat, 29,8 persen dari jersey yang terjual musim lalu adalah kontribusi dari jersey dari Lewandowski yakni sebanyak 970 ribu pasang.

2. Cristiano Ronaldo

Baca Juga:
Meski Krisis Pemain, Vietnam Pede Hadapi Timor Leste di Semifinal Piala AFF U-23

Ronaldo yang baru pindah ke Man United membawa dampak signifikan dari penjualan jersey. Terlebih, pemain Portugal ini mengenakan nomor punggung ikoniknya yakni 7.

Tak lama kembali ke Man United, penjualan jersey Ronaldo meningkat tajam. Tercatat, 1,05 juta jersey sudah terjual dan merupakan tertinggi di antara pemain lainnya.

1. Lionel Messi

Aksi Lionel Messi saat Paris Saint-Germain ditahan imbang Nice 0-0. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

Kepindahan Messi ke PSG dari Barcelona membawa dampak baik buat Les Parisiens. Kendati masih minim gol, La Pulga sukses mencatatkan rekor penjualan jersey.

Tahun lalu, saat dirinya diumumkan sebagai pemain PSG, jersey Messi terjual 1,2 juta penggemar. Ini adalah catatan terbanyak sejauh ini.

(Kontributor: Kusuma Alan)

Load More