Rauhanda Riyantama
Timnas Vietnam U-23. (dok.VFF)

Bolatimes.com - Kabar buruk menimpa Timnas Vietnam jelang semifinal Piala AFF U-23 kontra Timor Leste. Pasalnya, tim asuhan Dinh The Nam berpotensi mundur jelang duel nanti, Kamis (24/2).

Potensi mundurnya Vietnam U-23 sendiri tak lepas dari fakta berkurangnya para pemain yang mereka miliki akibat badai Covid-19.

Sebagai informasi, di laga terakhir yang Vietnam kal berjumpa Thailand, Selasa (22/2), The Golden Star muda hanya membawa 16 pemain saja.

Baca Juga:
Tolak Kritik Keputusan Wasit, Persija Fokus Menatap Duel Lawab Persib

Lalu, pada hari Rabu (23/2) Vietnam mengadakan tes PCR kembali dan hasilnya tujuh pemain mereka dinyatakan positif Covid-19.

Tak ayal, jelang lawan Timor Leste nanti, Vietnam hanya punya sembilan pemain yang bisa diturunkan. Jika hasil tes PCR sebelum pertandingan bertambah, maka bisa dipastikan skuat arahan Dinh The Nam dipastikan mundur dari Piala AFF U-23.

Sedangkan menurut laporan media Vietnam, Soha, tim U-23 mereka per Kamis (24/2) pagi hanya menyisakan 10 pemain yang dinyatakan negatif dan dalam keadaan sehat.

Baca Juga:
Persebaya Menang Dramatis Lawan Arema FC, Marselino Ferdinan: Ngeri Cak Sull

Demi bisa tampil di semifinal, setidaknya Vietnam harus memiliki 13 pemain untuk didaftarkan. Karenanya, mereka pun memanggil empat pemain yang saat ini tengah dalam perjalanan melewati perbatasan Kamboja.

Empat pemain ini belum tentu bisa tampil, mengingat empat pemain tersebut juga harus menjalani tes PCR. Jika salah satunya positif, maka impian Vietnam muda untuk merengkuh gelar Piala AFF U-23 pun akan sirna.

Berkah bagi Timor Leste

Baca Juga:
Menangi Derbi Jatim Lawan Arema FC, Aji Santoso Puas

Kabar yang menimpa Vietnam itu pun tak ayal menjadi berkah bagi Timor Leste yang tengah berada dalam bulan madunya di Piala AFF U-23.

Jika Vietnam mundur akibat kekurangan pemain, Timor Leste pun akan mencapai babak final tanpa mengeluarkan keringat setetes pun.

Kelolosan ke final ini akan menjadi catatan bersejarah bagi sepak bola Timor Leste yang selama ini dianggap hanya pelengkap untuk ajang di Asia Tenggara.

Baca Juga:
Persebaya Kalahkan Arema FC 1-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021

Timor Leste pun dianggap pantas untuk melangkah jauh dan bahkan meraih titel Piala AFF U-23 jika melihat perjuangannya dengan label tim Underdog.

Tim arahan Bruno Maciel ini membuat kejutan di laga perdana grup A dengan menahan imbang Filipina dengan skor 2-2. Lalu, di laga selanjutnya Timor Leste mampu meraih kemenangan atas Brunei Darussalam dengan skor 3-1.

Di laga terakhir fase grup, Timor Leste bertemu dengan Kamboja yang tak lain merupakan tuan rumah. Tak disangka, mereka mampu mengalahkan tuan rumah dengan skor 1-0 dan melangkah ke semifinal dengan status juara grup A.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More