Husna Rahmayunita
Timnas Malaysia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022. (The Star)

Bolatimes.com - Nasib pahit menimpa Malaysia yang dipermalukan Laos dengan skor 2-1 di laga perdana Piala AFF U-23 Kamboja. Meski kalah, Malaysia tak langsung tersingkir. 

Malaysia tumbang dengan skor 1-2 dari Laos kendati mampu unggul terlebih dahulu dalam laga perdana grup B yang berlangsung di Stadion Prince, Jumat (18/02/22) .

Anak asuh Brad Maloney sejatinya mampu unggul terlebih dahulu lewat gol Selvan Anbualagan di masa Injury Time babak pertama.

Baca Juga:
Momen Asisten Wasit Kebingungan di Laga Arema FC vs Madura, Gol atau Tidak

Hanya saja, gol tersebut mampu dibalas oleh Laos lewat dua gol yang masing-masing diciptakan oleh Bounphachan Bounkong di menit ke-55 dan Phetdavanh Somsanid di menit ke-79.

Kemenangan tipis ini membuat Laos pun memimpin klasemen grup B dengan total tiga poin. Sedangkan kekalahan ini membuat Malaysia hanya memiliki 0 poin.

Kekalahan Malaysia ini sendiri membuat langkah anak asuh Brad Maloney untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 menjadi kian sulit. Apalagi menyusul adanya regulasi baru di Piala AFF U-23, terutama untuk grup B.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persiraja Banda Aceh vs Persebaya Surabaya, Kick Off 18.15 WIB

Lantas, bagaimana regulasi tersebut?

Malaysia Tanding Lawan Laos 2 kali

Timnas Malaysia vs Laos di Piala AFF U-23 2022, Jumat (19/2/2022). (dok.aseanfootball.org)

Sejatinya, Piala AFF U-23 akan memilih tiga juara grup dan satu Runner Up terbaik untuk tim yang akan lolos ke semifinal.

Baca Juga:
Komentar Dragan Djukanovic Jelang Laga Perpisahan Pratama Arhan Bersama PSIS

Hanya saja, peraturan ini diubah menyusul mundurnya Timnas Indonesia dan Myanmar akibat badai Covid-19 yang menerpa tubuh timnya.

Kebetulan, Timnas Indonesia dan Myanmar tergabung di grup B. Alhasil, mundurnya dua tim ini membuat grup B hanya menyisakan Malaysia dan Laos.

Pihak AFF pun lantas mengubah regulasi, di mana untuk grup B, Malaysia dan Laos akan bertanding sebanyak dua kali untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Baca Juga:
Perburuan Pemain Keturunan Belum Berakhir, Shin Tae-yong Minta Bantuan PSSI

Peluang Malaysia untuk lolos pun terbilang menipis. Pasalnya, di laga pertama Harimau Malaya Muda tumbang dengan skor 1-2.

Kekalahan itu membuat Laos unggul 3 poin atas Malaysia dan punya keunggulan pada pertemuan kedua yang akan digelar pada Senin (21/02/22) mendatang.

Di atas kertas, Laos hanya membutuhkan hasil imbang saja di laga kedua nanti untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23, karena telah mengantongi empat poin.

Sedangkan Malaysia hanya akan meraih satu poin jika bermain imbang di laga kedua. Jika melihat klasemen grup lainnya, peluang untuk lolos dengan status Runner Up terbaik pun akan sirna.

Dengan kata lain, Malaysia harus mengincar kemenangan di laga kedua melawan Laos demi menjaga asa lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23.

Kemenangan ini pun harus disertai syarat, yakni Malaysia wajib menang dengan selisih dua gol atas Laos di laga kedua atau laga terakhir grup B nanti.

(Kontributor: Zulfikar Pamungkas)

Load More