Irwan Febri Rialdi
Timnas Malaysia vs Laos di Piala AFF U-23 2022, Jumat (19/2/2022). (dok.aseanfootball.org)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia U-23 masih belum tersingkir dari perebutan tiket ke semifinal Piala AFF U-23 2022 meski tumbang dari Laos pada laga pertama Grup B.

Dalam duel yang digelar di Prince Stadium, Jumat (18/2/2022) itu, timnas Malaysia U-23 tumbang dengan skor 1-2 dari Laos. Padahal, mereka sempat unggul terlebih dahulu.

Pada menit ke-45+2, timnas Malaysia U-23 membuka keunggulan lewat Selvan Anbualagan. Namun, Laos sukses bangkit pada babak kedua dan mencetak dua gol lewat Bounphachan Boungong (56’) dan Phetdavanh Somsanid (79’).

Baca Juga:
Profil Michael Weiss, Pelatih Laos yang Permalukan Malaysia di Piala AFF U-23 2022

Menurut pelatih timnas Malaysia U-23, Brad Maloney, kekalahan ini tak terlepas dari minimnya pengalaman para pemain di ajang internasional.

“Beberapa pemain Laos sudah bermain di Piala AFF 2020 dan juga Kualifikasi Piala Asia U-23 baru-baru ini,” kata Brad Maloney, seperti dilansir dari ASEAN Football, Sabtu (19/2/2022).

Sementara itu, kami hanya memiliki enam pemain yang sudah melakukan debut internasional mereka pada pertandingan ini,” lanjutnya.

Baca Juga:
Berapa Sih Harga Helm MotoGP?

Meskipun demikian, timnas Malaysia U-23 belum dipastikan tersingkir dari perebutan tiket ke fase semifinal Piala AFF U-23 2022.

Sebab, karena dua kontestan lainnya mundur dari Grup B, maka laga antara Laos dengan Malaysia digelar dua leg. Oleh karena itu, Malaysia masih punya peluang untuk lolos dari penyisihan grup.

Namun, skuad Harimau Malaya Muda membutuhkan kemenangan dengan selisih minimal dua gol pada pertandingan leg kedua untuk lolos ke fase semifinal.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Sempat Tak Percaya Mees Hilgers Batal Bela Timnas Indonesia

Apabila tim asuhan Brad Maloney ini meraih hasil imbang atau justru kalah, mereka dipastikan gagal lolos.

Sementara itu, apabila Malaysia berhasil menang tipis dengan skor 2-1, maka pertandingan ini akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Apabila babak tambahan waktu belum bisa menentukan tim pemenang, maka laga akan dilanjutkan ke duel adu penalti.

Baca Juga:
Persija Jakarta vs Persik Kediri, Syahrian Abimanyu Siap Tempur

Brad Maloney pun menyadari bahwa kemenangan menjadi syarat mutlak bagi anak asuhnya untuk bisa lolos ke fase semifinal Piala AFF U-23 2022.

Sebab, tim lawan yang sudah unggul agregat 2-1 sudah dipastikan tak akan membuang keuntungan ini pada laga leg kedua. “Kami tertinggal satu gol pada game kedua. Ini tidak akan muda,” kata Brad Maloney.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More