Rauhanda Riyantama
Striker AC Milan, Olivier Giraoud melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai bobol gawang Lazio di ajang Coppa Italia. (Twitter/@ACMilan)

Bolatimes.com - AC Milan tampil sangat menjanjikan di musim 2021/22. I Rossoneri kini menjadi pesaing kuat merebut gelar Serie A bersama Inter Milan dan Napoli.

Untuk sementara, AC Milan duduk di puncak klasemen dengan koleksi 55 poin. Unggul 1 angka dari Inter di posisi kedua dan 2 poin dari Napoli di peringkat ketiga.

Meski begitu, Inter punya kans besar mengudeta posisi Milan karena punya tabungan satu laga. Tempat Milan pun tak aman karena Napoli punya kesempatan yang sama besarnya merebut posisi pertama.

Baca Juga:
Hasil Liga 1 2021: Barito Putera Hajar Persipura 3-0, Persik Bungkam Persela 1-0

AC Milan sendiri menjadi tim paling banyak meraih kemenangan sejauh musim ini berjalan dengan koleksi 17 kemenangan. Skuad asuhan Stefano Pioli pun cukup produktif dengan menceploskan 50 gol di liga.

Akan tetapi, langkah AC Milan tentu belum aman. Ada beberapa hal yang bisa saja menggagalkan AC Milan menjadi meraih Scudetto musim ini.

Penyerang AC Milan, Olivier Giroud merayakan gol ke gawang Inter Milan dalam lanjutan Liga Italia. (ISABELLA BONOTTO / AFP)

1. Cedera

Baca Juga:
Bagus Kahfi Ungkap Alasan Lama Absen Main di FC Utrecht

Faktor ini sebetulnya bisa menimpa semua tim, namun bagi AC Milan kondisi cedera bisa sangat memengaruhi karena kedalaman skuad yang tak terlalu apik.

Di lini depan misalnya, Zlatan Ibrahimovic yang masih cedera membuat Olivier Giroud menjadi pemain yang paling diandalkan di lini depan AC Milan. Pasalnya, para pemain depan lain kerap tak inkonsisten penampilannya.

Badai cedera juga sedang menimpa lini belakang di mana Simon Kjaer masih menepi akibat cedera lutut. Beruntung, Fikayo Tomori sudah sembuh dari cedera dan bisa bermain penuh lagi.

Baca Juga:
Prediksi Line Up Timnas Indonesia di SEA Games 2021, Sandy Walsh dan Jordi Amat Tampil?

2. Kedalaman Skuad

Faktor lain yang berpotensi membuat AC Milan gagal juara adalah kedalaman skuad yang dimiliki oleh Pioli. Milan tidak punya cukup pelapis sepadan untuk para pemain inti.

Terlebih, AC Milan tidak melakukan pergerakan transfer yang signifikan di bursa transfer musim dingin kemarin. Dengan begini, badai cedera atau akumulasi bisa menjadi kondisi yang sangat merugikan AC Milan untuk mengarungi sisa musim 2021/22.

Baca Juga:
Profil Yusup Prasetiyo, Asisten Pelatih Kelantan FC Asal Indonesia Jebolan Liverpool

Ekspresi lesu Zlatan Ibrahimovic usai AC Milan dikalahkan Liverpool di Liga Champions. (MIGUEL MEDINA / AFP)

3. Mental

Faktor non teknis seperti mental juga bisa menjadi hal yang memengaruhi AC Milan dalam berburu gelar juara. Bukan tanpa sebab, karena musim lalu Milan sebetulnya juga menjadi kandidat peraih gelar juara.

Namun, penampilan MIlan tak konsisten di paruh kedua musim sehingga Inter mampu menyalip mereka dan pada akhirnya memastikan diri keluar sebagai juara.

Hal ini jelas tak boleh diulangi kembali oleh Milan jika ingin mengembalikan kejayaan mereka di Serie A.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More