Irwan Febri Rialdi
Pemain keturunan Thailand, Tony Laurent-Gonnet. (Dok. mhsconair.com)

Bolatimes.com - Tony Laurent-Gorrent menjadi salah satu nama yang mendapatkan perhatian publik setelah timnas Thailand U-23 mengumumkan 28 pemain yang dipanggil untuk tampil di ajang Piala AFF U-23 2022.

Tony Laurent-Gonnet berstatus sebagai pemain keturunan Thailand. Selain itu, ada pula Olaxon A Tamba yang juga dipanggil timnas Thailand U-23 di Piala AFF U-23 2022 ini.

Menariknya, sebagian besar pemain yang diterjunkan Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) pada Piala AFF U-23 2022 ini adalah pemain-pemain timnas Thailand U-19.

Baca Juga:
Rival Timnas Indonesia, Laos Ingin Beri 'Kejutan' di Piala AFF U-23 2022

Salah satu alasannya ialah karena sulitnya mengundang pemain U-23 yang saat ini tengah menjalani persiapan pramusim dengan klubnya masing-masing.

Pelatih timnas Thailand U-19, Salvador Valero Garcia, pun mengapresiasi langkah yang diambil oleh FAT ini. Sebab, ini jadi kesempatan bagi pemain muda untuk menambah jam terbang.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FAT yang fokus pada pemain muda dan memberikan kesempatan pada timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-23. Menurut saya, hal ini adalah peluang bagus,” ujar Garcia dikutip dari SiamSport.

Baca Juga:
Ranking FIFA Naik, Timnas Indonesia Samai Torehan Korea Selatan

Profil Tony Laurent-Gonnet

Tony Laurent-Gonnet merupakan pemain bertahan yang lahir di Prancis pada 1 Mei 2003. Dengan demikian, usianya masih terhitung muda karena baru menginjak 18 tahun.

Berdasarkan informasi yang disajikan media Thailand, Buaksib, Tony Laurent-Gonnet merupakan pemain keturunan Thailand yang pernah berlatih di akademi Montpellier HSC.

Baca Juga:
Sejarah Piala AFF U-23: Tujuan dan Fungsi Awal hingga Perubahan Partisipan

Saat ini, Laurent-Gonnet berstatus sebagai pemain klub asal Thailand, Nonthaburi United. Pada musim 2021/2022, kesebelasan ini berkompetisi di kasta ketiga Liga Thailand.

Sayangnya, sejumlah laman penyedia statistik sepak bola seperti Transfermarkt dan Soccerway tak memiliki data yang cukup untuk menjelaskan performa Tony Laurent-Gonnet.

Tak ada banyak informasi yang bisa didapatkan untuk mengetahui lebih dalam mengenai sosok pemain berusia 18 tahun ini.

Baca Juga:
Efek Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Samai Korea Selatan dalam Ranking FIFA

Yang jelas, Tony Laurent-Gonnet bakal menjadi salah satu pemain yang mendapat perhatian saat Thailand tampil di ajang Piala AFF U-23 2022.

Sebab, ia menambah daftar pemain-pemain keturunan yang diprediksi akan tampil di ajang paling bergengsi antarnegara ASEAN ini.

Di timnas Indonesia U-23, misalnya, ada Ronaldo Kwateh yang juga berstatus sebagai pemain keturunan Indonesia-Liberia.

Tony Laurent-Gonnet juga bakal menjadi bagian penting dari perjuangan timnas Thailand U-23 saat bersaing di Grup C Piala AFF U-23 2022.

Dua tim yang bakal menjadi pesaing tim asuhan Salvador Valero Garcia ialah Singapura dan Vietnam.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More