Irwan Febri Rialdi
Kapten Timnas Kamboja, Tes Sambath. (Dok. FFC)

Bolatimes.com - Gelaran Piala AFF U-23 2022 tidak lama lagi bakal bergulir. Rencananya kompetisi kelompok umur antar negara di Asia Tenggara ini bakal dimulai pada 14 Februari mendatang.

Kamboja yang bakal menjadi tuan rumah kompetisi ini akan menjamu para tamunya hingga 26 Februari 2022. Total ada 11 negara yang ikut berpartisipasi di kompetisi ini.

11 negara tersebut kemudian dibagi ke dalam 3 grup yaitu Grup A, Grup B, dan Grup C. Format Piala AFF U-23 2022 pun berbeda. Hanya juara masing-masing grup yang lolos ke babak semifinal. Sementara, satu peserta babak semifinal lain adalah runner-up terbaik.

Baca Juga:
Waspada Invasi Rusia, Mantan Petinju Ukraina Daftar Jadi Tentara Cadangan

Untuk Grup C disebut-sebut sebagai grup neraka karena diisi oleh Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Sementara untuk Grup B dihuni oleh Timnas Indonesia U-23 yang berstatus sebagai juara bertahan, Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Lantas Grup A diisi oleh tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Menilik komposisi timnya, Grup A terbilang sebagai grup paling 'mudah'.

Baca Juga:
Kabar Baik, 19 Pemain Liga 1 2021 Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Meski begitu, bukan berarti para kontestan dari Grup A tidak memiliki peluang untuk memberi kejutan di Piala AFF U-23 2022.

Lantas, seperti apa peta kekuatan di Grup A Piala AFF U-23 2022? Berikut ulasannya.

1. Kamboja

Baca Juga:
Persebaya Krisis Pemain, Aji Santoso Ragu Lepas Marselino cs ke Timnas U-23

Sebagai tuan rumah, Kamboja punya peluang cukup besar untuk bisa lolos ke semifinal. Lawan paling berat yang mungkin bakal dihadapi oleh mereka adalah Filipina.

Sementara Brunei dan Timor Leste di atas kertas akan cukup kesulitan untuk meraih hasil maksimal di Piala AFF U-23.

2. Filipina

Baca Juga:
Profil Sergio Aguero, Pemain Argentina yang Akan Dinaturalisasi Malaysia

Filipina juga punya peluang lolos dari babak grup cukup besar. Mereka bisa dibilang sebagai tim paling kuat di Grup A.

Jika nantinya Filipina gagal menjadi juara grup, peluang mereka untuk lolos ke semifinal masih terbuka dengan meraih status runner-up terbaik.

Selain menghadapi Kamboja yang punya status tuan rumah, Filipina besar kemungkinan tak akan menemui kesulitan berarti saat menghadapi Brunei dan Timor Leste.

3. Timor Leste dan Brunei

Di atas kertas, Timor Leste dan Brunei adalah tim paling lemah di Grup A dan dari seluruh kontestan di Piala AFF U-23 2022.

Peluang mereka untuk melaju ke babak selanjutnya cukup tipis. Meski begitu, justru nanti pertarungan antara Brunei dan Timor Leste akan menarik untuk melihat siapa yang setidaknya bisa meraih kemenangan di Grup A.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More