Rauhanda Riyantama
Cyrus Margono saat mengunjungi Kedutaan Besar Indonesia di Athena, Yunani. (Instagram/indonesiainath)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia nampaknya tak perlu menjalankan program naturalisasi untuk kiper keturunan yang berkarier di Yunani, Cyrus Margono. Kok bisa?

Nama Cyrus Margono menjadi perbincangan dalam sehari ke belakang menyusul kode yang ia lemparkan bahwa dirinya siap membela Timnas Indonesia.

Kode ini diberikan penjaga gawang berusia 20 tahun tersebut melalui media social Instagram. Dalam unggahan di akun pribadinya, Cyrus Margono me-repost unggahan akun Kedutan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Yunani, @indonesiainath.

Baca Juga:
Staf Pelatih Timnas Indonesia Yoo Jae-hoon Mengaku Betah Tinggal di Papua

Kiper yang kini berkarier di Panathinaikos B ini me-repost unggahan akun @indonesiainath saat dirinya tengah berkunjung ke kantor kedubes RI di Athena.

Dalam unggahan itu, Cyrus Margono menuliskan Caption ‘Sebentar Lagi #KITAGARUDA’ yang menjadi tanda bahwa dirinya siap membela Timnas Indonesia.

Kode keras Cyrus Margono yang ingin gabung timnas Indonesia. (Instagram/cmargono)

Unggahan Cyrus Margono itu tak ayal membuat pendukung Timnas Indonesia senang bukan kepalang. Banyak yang meyakini unggahan itu sebagai tanda bahwa dirinya siap membela tim Merah Putih.

Baca Juga:
Perdana, FIFA Akan Gunakan Wasit Robot di Piala Dunia Antarklub 2021

Padahal sebelumnya Cyrus Margono dilaporkan menolak, menyusul adanya pengakuan dari asisten Shin Tae-yong, Yoo Jae-hoon yang menyebutkan bahwa panggilan ke Timnas Indonesia selalu diabaikan.

Namun kini kondisi berbalik 180 derajat. Cyrus Margono diyakini akan membela Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong.

Pertanyaan pun mengemuka di kalangan pendukung Timnas Indonesia. Apakah Cyrus Margono nantinya harus melewati proses naturalisasi untuk membela skuat Garuda seperti Sandy Walsh dan Jordi Amat?

Baca Juga:
Ucapan Pratama Arhan usai Timnas Indonesia Dua Kali Kalahkan Timor Leste

Tak Perlu Naturalisasi

Cyrus Margono nampaknya tak perlu melakukan naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia. Hal ini terkait Undang-undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Dalam pasal 6 tertulis bahwa seseorang yang telah berusia 18 tahun atau lebih, berhak memilih salah satu kewarganegaraannya.

Baca Juga:
Malaysia Gelar Uji Coba Jelang Piala AFF U-23, Termasuk Lawan Klub Saddil

Hanya saja, ada batas waktu untuk memilih kewarganegaraan yang akan dimiliki. Dalam pasal 6 ayat 3, tertulis bahwa pernyataan untuk memilih kewarganegaraan paling lambat tiga tahun setelah berusia 18 tahun atau sudah kawin.

Dengan kata lain, paling lambat seseorang bisa mendapatkan kewarganegaraan Indonesia jika usianya maksimal 21 tahun.

Kiper keturunan Indonesia, Cyrus Margono. (Instagram/@cmargono)

Dalam kasus Cyrus Margono ini, ia bisa memilih kewarganegaraan Indonesia secara langsung, mengingat saat ini usianya baru 20 tahun.

Alhasil, Cyrus Margono yang punya dua kewarganegaraan ini, bisa langsung menambatkan pilihannya ke Indonesia dan membela skuat Garuda tanpa adanya proses naturalisasi yang terkesan berbelit-belit.

Tentu fakta ini menjadi kabar gembira bagi pendukung Timnas Indonesia yang ingin memiliki kiper yang berkarier di Eropa sejak Kurnia Sandy di Sampdoria.

Jika tak ada halangan, Cyrus Margono bisa saja langsung memilih kewarganegaraan Indonesia dan disertakan Shin Tae-yong untuk ajang Piala AFF U-23 di Kamboja pada Februari tahun ini.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More