Irwan Febri Rialdi
Turnamen Toulon. (Laman resmi)

Bolatimes.com - PSSI kembali menjadi sorotan dan banyak diperbincangkan di media sosial, penyebabnya kali ini adalah federasi sepak bola Indonesia itu tidak merespons undangan untuk ikut di Turnamen Toulon.

Kabar ini ramai beredar di sosial media pada Selasa (25/1) saat akun resmi Turnamen Toulon membalas komentar netizen yang meminta untuk mengundang Indonesia.

Disebutkan bahwa mereka sudah bersurat ke PSSI namun tak mendapat jawaban. Sontak hal ini menjadi ramai diperbincangkan dan banyak yang mempertanyakan sikap PSSI.

Baca Juga:
PSSI Serahkan Dokumen ke Menpora, Jordy Amat dan Sandy Walsh Segera WNI

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, buka suara soal timnas Indonesia yang diundang untuk mengikuti turnamen Toulon. Ia menyebut bahwa turnamen itu tidak dijalankan di bawah asuhan FIFA.

Lantas, apa sih Turnamen Toulon itu sampai-sampai banyak pecinta sepak bola Tanah Air yang kecewa dengan sikap PSSI seolah menolak undangan ikut ambil bagian?

Apa Itu Turnamen Toulon?

Baca Juga:
Resmi, Duel Timnas Indonesia vs Timor Leste Digelar Tanpa Penonton

Turnamen Toulon atau bernama lengkap Festival International "Espoirs" - Tournoi Maurice Revello adalah turnamen sepak bola kelompok usia muda yang sudah bergulir sejak 1967.

Penamaan turnamen ini tidak lepas dari sosok Maurice Revello yang pertama kali menginisiasi turnamen Toulon. Dia sudah meninggal pada 2016 dan akhirnya turnamen ini diberi nama Festival International "Espoirs" - Tournoi Maurice Revello.

Meski tidak dijalankan di bawah naungan FIFA atau asosiasi sepak bola, Turnamen Toulon disebut sebagai salah satu ajang uji coba untuk pemain-pemain muda paling bergensi di dunia.

Baca Juga:
Profil Dusan Vlahovic, Striker Muda Siap Pecahkan Megatransfer Juventus

Turnamen ini menjadi ajang utama para bakat-bakat muda dunia untuk unjuk gigi--sebelum adanya Piala Dunia kelompok usia.

Para kontestan yang pernah ikut ambil bagian di turnamen ini pun bukan kaleng-kaleng. Negara-negara kuat macam Brasil, Argentina, Inggris, Prancis, hingga Italia juga berpartisipasi.

Pada dua edisi terakhir yaitu 2020 dan 2021, Turnamen Toulon terpaksa tidak digulirkan karena pandemi COVID-19. Brasil menjadi juara bertahan usai mengalahkan Jepang di tahun 2019.

Baca Juga:
4 Alumni Turnamen Toulon yang Jadi Bintang Sepak Bola Dunia

Indonesia sendiri baru sekali ikut di Turnamen Toulon yaitu pada edisi 2017. Saat itu Indonesia mengirimkan tim U-19, sedangkan kontestan lain memainkan tim U-21.

Pada turnamen itu, sejumlah nama bersinar seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang kini sama-sama bermain di Eropa bersama FK Senica.

Impak dari hadirnya Turnamen Toulon juga dirasakan negara-negara lain. Pasalnya sejumlah bintang sepak bola tercatat pernah berpartisipasi di Turnamen Toulon.

Di antara nama-nama beken itu ada Cristiano Ronaldo, Zinedine Zidane, Alan Shearer, Rui Costa, Thierry Henry, Frank Lampard, David Beckham, Hugo Lloris, James Milner, dan masih banyak lagi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More