Rauhanda Riyantama
Chancel Mbemba saat bermain bersama Porto. (MIGUEL RIOPA / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Kejadian tak biasa menimpa pesepak bola Chancel Mbemba. Pemain FC Porto ini akan dilepas akhir musim ini karena punya 4 tahun kelahiran berbeda.

FC Porto menyatakan bahwa mereka tak ingin memperbarui kontrak sang pemain. Sebab manajemen ragu dengan usia Mbemba.

Merujuk data kelahiran, bek asal Kongo ini berusia 27 tahun. Tapi, Porto mengklaim usianya bisa lebih dari 27 tahun karena berkaca pada perawakan sang pemain.

Baca Juga:
RRQ Vivi Tampil Anggun, Reaksi Alfeandra Dewangga Bikin Riuh

Per 2013, CNN sudah merilis laporan terkait dokumen Mbemba. Dari dokumen kelahirannya, Mbamba punya 4 angka kelahiran dari rentang 1988 hingga 1994.

Kali pertama Kongo mengeluarkan laporan kelahiran, Mbemba lahir pada 1988. Tapi, angka kelahiran kemudian berubah menjadi 30 November 1991 saat mentas di Piala Afrika 2011.

Nah, saat Mbemba membela dua klub Belgia, dirinya tercatat lahir 8 Agustus 1994. Dan saat dirinya pindah ke Newcastle United, dirinya melakukan tes ulang.

Baca Juga:
Momen Shin Tae-yong 'Tendang' Pemain Timnas Indonesia karena Salah Oper

"Saya menjalani tes tulang dan, seperti yang saya dan teman-teman saya ketahui, hasilnya membuktikan berapa usia saya. Saya hanya keluar dan ingin bermain sepakbola, tidak ada informasi yang salah," kata Mbemba kepada Mirror.

"Banyak yang telah dikatakan tentang tanggal dan tahun lahir saya, serta perbedaan usia. Saya membuktikan dengan tepat apa yang sebenarnya. Orang-orang di Afrika tahu, saya dan keluarga saya, teman-teman dan siapa saja yang tahu Chancel Mbemba tahu saya lahir pada 8 Agustus 1994. Itu saja yang penting," dia menjelaskan.

Dengan banyaknya klaim umur Mbemba, FIFA akhirnya turun tangan. Dalam investigasi yang mereka lakukan didapatkan bahwa seorang pengurus di Asosiasi Sepakbola Kongo (FFDRC) mengakui tahun lahir Mbemba diubah menjadi 1991 sebagai syarat untuk Olimpiade 2012 di London.

Baca Juga:
Brutal, Suporter Bakar Rumah Pemain Sierra Leone Usai Gagal Penalti

Akhirnya, FIFA memutuskan bahwa Mbemba memang lahir pada 8 Agustus 1994 di Kinshasa, Kongo.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More