Rauhanda Riyantama
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kedua kanan) menghalau bola dari pesepak bola Timnas Thailand Tristan Do (kanan) dalam pertandingan Babak Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021). [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

Bolatimes.com - Timnas Thailand sukses membungkam Timnas Indonesia di final leg perdana Piala AFF 2020. Capaian positif itu sekaligus membuat skuat Gajah Perang  mencatatkan rekor.

Dari keikutsertaan Thailand sepanjang turnamen Piala AFF pada 1996, mereka mencatatkan sejumlah rekor fantasti. Berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Rekor Gol Tercepat

Baca Juga:
Bali United dan PSM Makassar Wakili Indonesia di Piala AFC 2022

Saat jumpa Timnas Indonesia, Thailand unggul cepat di menit kedua via Chanathip Songkrasin. Adapun, gol tersebut terjadi di 1 menit dan 25 detik.

Sepanjang sejarah Piala AFF, gol dari Chanathip merupakan yang tercepat. Catatan ini melampaui rekor yang baru dicetak oleh Rachmat Irianto dari Indonesia di ajang Piala AFF 2020 ini di menit ke-4.

Aksi Dedik Setiawan saat pertandingan Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

2. Rekor Kemenangan Terbesar

Baca Juga:
Pastikan Bertahan di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Jangan Khawatir

Rekor kedua adalah margin kemenangan terbesar dalam sejarah final Piala AFF. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Malaysia pada final Piala AFF 2010 saat itu juga mengalahkan Indonesia dengan skor 3-0 di leg pertama.

Dan tentu bagi Indonesia, kekalahan atas Thailand lebih buruk dari final Piala AFF 2000. Ketika itu, Indonesia juga berhadapan dengan Thailand dan kalah dengan skor 1-4 di mana ketika itu belum ada format turnamen belum digelar dua leg.

3. Rekor Tak Terkalahkan Terlama di Piala AFF

Baca Juga:
5 Alasan Indonesia Bisa Balik Menang dan Juara Piala AFF 2020

Thailand berhasil memecahkan rekor tak terkalahkan terlama sepanjang sejarah Piala AFF. Media Vietnam, Bongdaplus, menyebut berkat kemenangan 4-0 atas Indonesia, Thailand sudah 14 laga tak terkalahkan. Catatan ini melampaui raihan Vietnam dengan koleksi 13 laga tak terkalahkan.

Performa apik Thailand bermula pada laga leg kedua final Piala AFF 2016 dengan kemenangan atas Indonesia dengan skor 2-0. Kemudian, catatan itu terus bergulir di Piala AFF 2018 ketika Thailand berhasil meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang di babak fase grup.

Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Berlanjut di semifinal, Thailand menghadapi Malaysia. Pada fase ini, Thailand dua kali bermain imbang, namun mereka harus tersingkir karena kalah dari segi agresivitas gol tandang.

Baca Juga:
Pria Banting TV usai Timnas Indonesia Dibungkam Thailand, Aksinya Viral

Pada edisi 2020 kali ini, sejak fase grup hingga final leg pertama, Thailand berhasil mengemas enam kemenangan dan hanya satu hasil imbang. Rekor tak terkalahkan itu pun bisa saja bertambah andai pada leg kedua final Piala AFF 2020 Indonesia tak mampu menjungkalkan Thailand.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More