Husna Rahmayunita
Bishan Stadium, Singapura. (Instagram/@mousseux)

Bolatimes.com - Bishan Stadium atau Stadion Bishan di Singapura bakal menjadi saksi bisu pertandingan Timnas Indonesia kontra Kamboja di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana di Piala AFF 2020 dengan menghadapi Kamboja yang tergabung di Grup B

Skuad 'Merah Putih' dijadwalkan menghadapi Kamboja pada Kamis (9/12/2021) pukul 19.30 WIB di Bishan Stadium Singapura.

Baca Juga:
Pertama Sejak 21 Tahun, Barcelona Gagal Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Selain Kamboja, di Bishan Stadium pula Indonesia bakal menghadapi lawan-lawan lainnya dari Grup B yaitu Malaysia, Vietnam, dan Laos.

Adapun, untuk turnamen Piala AFF tahun ini diselenggarakan dengan regulasi home tournament dan menggunakan sistem bubble untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain Bishan Stadium, Singapura selaku tuan rumah sudah mempersiapkan satu arena lain untuk menjadi tempat diselenggarakannya Piala AFF 2020 yaitu Stadion Nasional Singapura.

Baca Juga:
Hengkang dari Persijap, Iqmal Nur Samsu Merapat ke PSIM Yogyakarta

Untuk mengenal venue Bishan Stadium, Bolatimes sudah merangkum profil stadion yang akan digunakan oleh anak-anak asuh Shin Tae-yong berlaga menghadapi Kamboja nanti.

Profil Bishan Stadium

Tim Jepang berlatih di Bishan Stadium, Singapura 2014. (AFP/Roslan Rahman)

Stadion ini terletak tepat di tengah negara Singapura yang sudah dibuka sejak tahun 1998. Meski sudah berdiri cukup lama, stadion ini tidak memiliki kapasitas yang besar.

Baca Juga:
Tajir hingga Dijuluki Sultan, Raffi Ahmad Dapat Ratusan Juta Sekali Endorse

Bishan Stadium tercatat hanya bisa menampung sekitar 6.000 penonton saja. Namun demikian, stadion ini sudah memenuhi standar internasional dan sudah teruji sejak 2004.

Hal ini dibuktikan dengan digunakannya Bishan Stadiu  untuk laga-laga yang masuk agenda FIFA dan AFC seperti Liga Champions Asia.

Bahkan pada 2006 lalu, stadion tersebut pernah menjadi salah satu venue yang digunakan untuk menggelar Piala Asia U-17.

Baca Juga:
2 Kontroversi Jelang Laga Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2020

Bishan Stadium ini pun menjadi saksi hadirnya klub-klub raksasa Eropa seperti Inter Milan pada 2017 dan Juventus pada 2019.

Inter Milan dan Juventus saat itu mengikuti tur pramusim International Champions Cup (ICC) Zona Asia yang berlangsung di Singapura.

Bishan Stadium pada awalnya dijadikan markas oleh klub asal Singapura, Home United FC dari 1998 hingga 2019. Namun kini telah menjadi kandang dari Lion City Sailors FC.

Selain memiliki lapangan yang berstandar internasional, Bishan Stadium juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti lintasan atletik dari mulai lari, lompat jauh, hingga lompat tinggi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More