Irwan Febri Rialdi
Gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (kedua dari kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Taiwan dalam laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Piala AFF 2020 baru saja bergulir, namun gelaran ini langsung menghadirkan kontroversi karena ban kapten pelangi yang dikenakan oleh sejumlah tim peserta.

Ban kapten berwarna pelangi sendiri merupakan simbol dukungan atau solidaritas untuk para kaum LGBT. Bukan hanya di ajang Piala AFF 2020 hal ini dilakukan.

Di berbagai kompetisi sepak bola di dunia seperti Liga Inggris pun pernah menggunakan ban kapten pelangi. Di Piala AFF 2020 sendiri, penggunaan ban kapten pelangi pertama kali terlihat pada laga perdana antara Timor Leste melawan Thailand.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF 2020: Singapura Ngeri, Hajar Filipina Banyak Naturalisasi

Kapten Thailand, Teerasil Dangda, terlihat mengenakan ban kapten berwarna pelangi, sementara kapten Timor Leste mengenakan ban kapten dengan warna putih.

Di laga Grup A selanjutnya antara Singapura melawan Myanmar, terlihat kapten Myanmar juga mengenakan ban kapten berwarna pelangi tetapi tidak dengan kapten Singapura, Harris Harun.

Tak hanya pertandingan di Grup A saja, tetapi juga pada laga pembuka di Grup B antara Kamboja melawan Malaysia.

Baca Juga:
Persik Kediri Hajar Barito Putera 2-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Terlihat bahwa kapten Kamboja, Soeuy Visal, nampak mengenakan ban kapten berwarna pelatih sementara kapten Malaysia, Aidil Zafuan, hanya mengenakan ban kapten berwarna putih.

Sementara pada laga berikutnya di Grup B antara Vietnam vs Laos, kedua kapten dari masing-masing tim sama-sama tak mengenakan ban kapten dengan warna pelangi.

Timnas Indonesia sendiri sudah dipastikan tidak akan mengenakan ban kapten dengan warna pelangi, hal ini disampaikan langsung oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga:
Persebaya Bantai Persib 3-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Adapun, ban kapten Timnas Indonesia sendiri bakal dikenakan oleh Evan Dimas Darmono yang memang menjadi andalan Shin Tae-yong, sementara Asnawi Mangkualam Bahar menjabat sebagai wakil kapten.

Timnas Indonesia bakal melakoni laga perdana di Grup B Piala AFF 2020 menghadapi Kamboja, Kamis (9/12/2021) pukul 19:30 WIB.

Baca Juga:
Hasil Lengkap Liga Champions: Barcelona Kena Bantai, Chelsea dan MU Imbang

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More