Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Singapura, Ikhsan Fandi, berselebrasi usai menjebol gawang Myanmar pada laga pembuka Piala AFF 2020, Minggu (6/12/2021). (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Meskipun sudah pensiun dan tak lagi menjabat sebagai pelatih timnas Singapura, Fandi Ahmad menjadi salah satu nama yang tak pernah luput dari perbincangan.

Sebab, saat ini ada tiga anak kandung Fandi Ahmad yang memperkuat timnas Singapura pada kejuaraan Piala AFF 2020.

Salah satu anak laki-laki Fandi Ahmad yang paling mendapat perhatian tentu Iksah Fandi. Pemain berusia 22 tahun ini menjadi bintang kemenangan timnas Singapura pada laga perdana Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Indonesia Batal Ikut Kejuaraan Dunia 2021, Ucapan Minions Diungkit

Pasalnya, Ikhsan Fandi sukses menyumbangkan dua dari tiga gol yang dicetak skuad asal Negeri Singa ini ketika berjumpa Myanmar pada laga perdana Grup A Piala AFF 2020.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (5/12/2021) malam WIB itu, dua gol itu dicetak Ikhsan Fandi masing-masing pada menit ke-39 dan 45+1’.

Untuk diketahui, pemain yang kini memperkuat klub kasta tertinggi Liga Norwegia, FK Jerv, itu merupakan anak kedua dari Fandi Ahmad yang menikah dengan model asal Afrika Selatan, Wendy Jacobs.

Baca Juga:
Tampil di Kejuaraan Dunia 2021, Dejan/Seren Tak Diberi Target Muluk-muluk

Ikhsan Fandi memiliki lima saudara. Yang tertua, yakni Irfan Fandi, juga berstatus sebagai pesepak bola profesional. Kini, Irfan bermain bersama klub Thailand, BG Pathum United.

Sementara itu, dua adik laki-lakinya juga mengikuti jejak orang tuanya di dunia kulit bundar, yakni Ilhan Fandi, yang bermain untuk Young Lions, dan terakhir Iryan Fandi. Adapun satu-satunya anak perempuan Fandi Ahmad ialah Iman Fandi.

Dari kelima anak Fandi Ahmad itu, tiga di antaranya menjadi bagian timnas Singapura yang tampil di Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Dejan/Serena Satu-satunya Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia 2021

Sebab, dia yang tampil sebagai bek tengah pada pertandingan itu sukses menjaga gawang tim asuhan Tatsuma Yoshida dari kebobolan.

Oemain asal BG Pathum United itu membantu timnya mencatatkan cleansheet lewat performa impresifnya di jantung pertahanan.

Baca Juga:
Jadwal Lengkap Babak 8 Besar Liga 2 2021, Grup X dan Grup Y

Dari dua nama itu, tinggal Ilhan Fandi yang belum mendapat kepercayaan dari pelatih timnas Singapura untuk memberikan kontribusi.

Sebab, usia Ilhan memang terhitung muda. Gelandang tengah yang kini memperkuat Young Lions itu masih berumur 19 tahun.

Sebagai informasi, Ilhan memang baru dipanggil untuk memperkuat timnas Singapura (senior) pada tahun 2021. Debutnya tercatat ketika timnas Singapura menggelar laga uji coba melawan Afghanistan pada 29 Mei 2021.

Sebelum bermain di skuad senior, Ilhan lebih banyak bermain untuk timnas Singapura U-16 dan U-22.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More