Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Xavi Hernandez diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Bolatimes.com - Xavi Hernandez sudah resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala Barcelona. Menariknya di sesi latihan dia memperlihatkan umpan apik ketika melatih anak asuhnya.

Melalui akun Twitter resminya, Barcelona membagikan cuplikan sesi latihan pada Jumat (12/11/2021). Dalam latihan tersebut, terlihat Xavi turun langsung untuk melakukan tugasnya.

Nah, Xavi yang turun langsung ke lapangan terlihat melayani para pemainnya dengan umpan-umpan apik. Dari sisi lapangan, dia mengirim bola ke kotak penalti yang disambut oleh para pemain Barcelona.

Baca Juga:
Momen Kocak saat Muka Fred Kena Sepakan Bola Casemiro di Timnas Brasil

Sontak unggahan tersebut membuat para netizen terkesan. Meski sudah pensiun dari pemain profesional, pelatih berusia 41 tahun itu masih punya sentuhan apik mengirimkan umpan.

Semasa masih berkarier sebagai pemain profesional, Xavi memang dikenal sebagai pengatur lini tengah. Umpan-umpan matangnya kerap diselesaikan dengan mudah oleh rekan setimnya menjadi gol.

Baca Juga:
Belum Raih Poin di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Pelatih Vietnam Frustasi

Dari catatan Transfermarkt, Xavi sendiri punya torehan apik di nomor assist. Pelatih berpasport Spanyol ini telah mengoleksi 213 assists selama berkarier sebagai pesepak bola.

Kedatangan Xavi menggantikan Ronald Koeman di Barcelona juga mendapatkan sorotan tinggi. Pria yang sebelumnya melatih klub Qatar ini punya beban berat untuk mengembalikan performa Blaugrana yang merosot.

Ujian pertama Xavi sebagai pelatih Barcelona akan terjadi pada pertandingan La Liga pekan ke-13. Anak asuhnya bakal berhadapan dengan klub rival Espanyol pada 21 November mendatang.

Baca Juga:
2 Pemain Keturunan di Eredivisie yang Layak Perkuat Timnas Indonesia

Saat ini Barcelona bisa dibilang terpuruk. Pasalnya Sergio Busquets dkk hanya mampu menempati posisi ke-9 klasemen sementara La Liga Spanyol dengan koleksi 17 poin dari 12 pertandingan yang sudah dilakoni.

Load More