Rauhanda Riyantama
Pemain PSM Makassar, Ilham Udin Armaiyn. (Instagram/ilham20armaiyn)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia tengah menyongsong Piala AFF 2020. Agenda tersebut akan dilakukan pada 5 Desember hingga 1 Januari 2021 mendatang.

Sejumlah pekerjaan rumah tengah menanti Shin Tae-yong. Jelang agenda yang tinggal hitungan pekan, pelatih Timnas Garuda itu kudu merampungkan komposisi pemain.

Beberapa di antaranya sudah mentas di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2022. Hanya, nama-nama yang disertakan didominasi oleh pemain muda dan belum daftar final.

Baca Juga:
Pakai Outfit Hitam, Gaya Tante Ernie Pose Bareng Deddy Corbuzier Curi Fokus

Selagi bersiap, Bolatimes merangkum beberapa nama pemain yang mungkin jadi amunisi tambahan buat Shin di Timnas Indonesia. Berikut ulasannya:

1. Firza Andika

Pemain Timnas Indonesia U-19 Firza Andika melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Sabtu (13/10). Timnas Indonesia U19 menang 3-2. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sudah lama pemain Persikabo 1973 ini tak masuk ke dalam skuat Timnas Indonesia. Namanya mulai pudar seiring kedatangan Shin sebagai pelatih.

Baca Juga:
FIFA Matchday: Indonesia Tantang Afghanistan dan Myanmar

Padahal, Firza cukup kenyang pengalaman di pos bek kiri Timnas Indonesia kelompok umur. Prestasinya juga sudah diukir di sejumlah event semisal Piala AFF dan Piala Asia.

Hanya, keberadaan Pratama Arhan yang kini jadi andalan Shin, membuat Firzha ditepikan. Kini, pemain asal Medan ini tengah unjuk gigi bersama klubnya. Satu gol sudah diciptakannya di pentas Liga 1 kendati berposisi sebagai bek kiri dan nilai plus lainnya dia selalu menjadi pemain inti di 10 laga Persikabo.

2. Irsyad Maulana

Baca Juga:
Hesti Purwadinata Renang di Sungai, Netizen Dibikin Ngeri

Irsyad Maulana, Dedi Gusmawan (mantan Semen Padang) serta bek asing asal Lebanon, Hussein El Dor pada perkenalan pemain di Makassar, Jumat,(10/1).ANTARA/HO/Abd Kadir

Nama selanjutnya yang mungkin bisa jadi pilihan Shin adalah Irsyad Maulana. Pemain sayap milik Persita Tangerang ini cukup reguler tampil di Liga 1.

Atribut Irsyad sebagai pemain sayap juga terbilang komplet. Terlebih, untuk membantu penyerangan, eks pemain Semen Padang ini mulai rutin menyarangkan gol.

Hingga pekan ke-10 Liga 1 bergulir, Irsyad sudah mencetak tiga gol. Salah satu golnya bahkan menjadi yang terbaik di pekan ketiga Liga 1.

Baca Juga:
Daftar Liga di Asia Tenggara yang Sudah Pakai VAR, Indonesia Menyusul?

3. Ilham Udin Armaiyn

Menyusul rekan setimnya di Timnas Indonesia, Evan Dimas. Kini Ilham Udin Armaiyn bergabung Selangor FA

Nama Ilham Udin sempat menjadi bintang saat dirinya memperkuat Timnas U-19. Selain itu, dirinya juga pernah mentas di luar negeri bersama Selangor di Liga Malaysia.

Memang, Ilham sempat merasakan masa-masa tersulit sebagai pemain. Usai dari Selangor, kariernya di Bhayangkara dan Barito Putera tidak terlalu mengilap.

Terkini, usai dipinang PSM Makassar, Ilham kembali menemukan sentuhan permainannya. Bahkan, pencetak gol kemenangan Timnas U-19 di Piala AFF U-19 2013 ini sudah menyumbang tiga gol.

4. Ilija Spasojevic

Pemain Bali United, Ilija Spasojevic (dok baliutd)

Timnas Indonesia nampaknya butuh penyerang murni. Hal itu terlihat lantaran belum adanya juru gedor yang rutin mencatatkan namanya di papan skor.

Baru-baru ini Shin memanggil Dedik Setiawan dan Kushedya Yudho. Lalu, ada Hanis Saghara yang diduetkan dengan Bagus Kahfi.

Agar pekerjaan Shin dimudahkan, tak ada salahnya ia memanggil Spasojevic. Penyerang Bali United itu sudah mencetak tujuh gol dari 10 laga Serdadu Tridatu.

5. Ricky Kayame

Ricky Kayame. (Dok. LIB)

Kendati belum berhasil membawa Persipura berbicara di Liga 1 musim ini, sorotan agaknya boleh diberikan pada Kayame. Sebab, tiga gol dari 10 laga yang dijalaninya bersama Mutiara Hitam jadi bukti.

Kayame yang berposisi sebagai pemain sayap cukup mumpuni. Selain bisa mencetak gol, kecepatan untuk merangsek ke kotak penalti lawan bisa jadi faktor untuk dibawa.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More